Dark/Light Mode

Wow Keren, Nenek 70 Tahun Ini Ikut Balap Sepeda di Jalur Maut Bolivia

Minggu, 6 Oktober 2019 16:39 WIB
Mirtha Munoz, nenek tangguh berusia 70 tahun, peserta lomba balap sepeda ekstrim, Bolivia Skyrace. (Foto: Reuters)
Mirtha Munoz, nenek tangguh berusia 70 tahun, peserta lomba balap sepeda ekstrim, Bolivia Skyrace. (Foto: Reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mirtha Munoz, nenek asal Bolivia ini memang luar biasa. Di usianya yang sudah menginjak angka 70, Munoz masih lihai bersepeda. Sabtu (5/10) lalu, Munoz bahkan ikut lomba balap sepeda Bolivia Skyrace 60 km (37 mil).

Ini adalah lomba balap sepeda ekstrim yang mengambil rute jalur maut di ketinggian 11.000 kaki. Track-nya yang berbentuk spiral nan meliuk-liuk itu, membentang dari hutan di dataran rendah, hingga puncak pegunungan Andes yang berselimut salju. Kabut, hujan, longsoran batu, dan tebing terjal adalah atraksi utama jalur maut tersebut.

Baca juga : Keren, Kementan Tanam Padi Pakai Drone di Lahan Rawa Serasi

Konon, jalur itu telah menelan korban ribuan jiwa. Namun, hal itu sama sekali tak bikin Munoz mengkeret. Ia justru merasakan hal itu sebagai bagian dari passion, yang pertama kali dirasakannya pada beberapa tahun lalu. Saat ia mengambil keputusan untuk mengobati luka hatinya, karena anak laki-lakinya meninggal secara tiba-tiba.

"Keluarga dan psikolog menyarankan saya untuk bersepeda. Untuk mengobati kepedihan hati, dan membangun kembali semangat hidup," ungkap Munoz, usai mengikuti lomba di jalur maut itu.

Baca juga : Keren, Penerima Apresiasi Wana Lestari Bisa Ikut Upacara di Istana Negara

"Lomba balap sepeda yang saya ikuti, masuk kategori vertical climb. Naik dan naik terus, tanpa istirahat," imbuhnya.

Munoz yang juga hobi bersepeda bersama keenam cucunya, berharap cucu tertuanya yang kini hampir berusia 18 tahun, dapat mengikuti jejaknya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.