Dark/Light Mode

Lantang Bela Palestina

Retno Dipuji Jokowi

Rabu, 8 November 2023 07:50 WIB
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (kedua kanan) menyampaikan puisi disaksikan Ketua DPR Puan Maharani (kanan) saat aksi akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di kawasan Monas, Jakarta, Minggu (5/11/2023). (Foto: Antara)
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (kedua kanan) menyampaikan puisi disaksikan Ketua DPR Puan Maharani (kanan) saat aksi akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di kawasan Monas, Jakarta, Minggu (5/11/2023). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi makin harum di tengah kerasnya Indonesia mengecam tindakan brutal Israel terhadap Palestina. Salah satu Srikandi di kabinet ini, begitu lantang bela Palestina di forum internasional. Berbagai pujian diberikan buat Retno, termasuk dari Presiden Jokowi.

Dalam forum Dewan Keamanan PBB, Retno hadir mewakili Pemerintah Indonesia. Di forum bergengsi itu, diplomat perempuan kelahiran Semarang 60 tahun silam itu, begitu keras menyampaikan sikapnya mengecam tindakan brutal Israel terhadap Palestina.

Baca juga : Bantuan Kemanusiaan RI Untuk Palestina Tiba Di Mesir

Jokowi menilai sikap Retno yang mewakili Indonesia itu, paling keras di PBB. Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengaku kaget Retno bisa setegas itu, di panggung internasional.

“Coba bapak-ibu lihat Menteri Luar Negeri Bu Retno Marsudi waktu di Dewan Keamanan PBB, paling lantang, paling keras, dan paling menentang,” kata Jokowi, pada Rakernas LDII, di Jakarta, Selasa (7/11/2023).

Baca juga : KawanJuangGP Gelar Pesta Rakyat Ganjar Pranowo #14 Di Kabupaten Cirebon

Jokowi mengaku heran melihat pidato Retno di PBB. Hal itu tak biasanya dilakukan saat Rapat Kabinet. “Saya juga heran ini, Bu Menlu kita ini, orangnya halus, tetapi kok di Dewan Keamanan galak banget,” tutur Jokowi.

Ia menyampaikan, tantangan global ke depan akan semakin berat. Belum selesai perang di Ukraina-Rusia, sudah muncul perang Israel-Hamas di Gaza, Palestina.

Baca juga : Dukung Aksi Bela Palestina, Bamsoet Serukan Penghentian Kekerasan di Gaza

Jokowi mengatakan lokasi perang-perang itu memang jauh. Namun, Indonesia bisa terkena dampak. “Ini juga jauh, tetapi tetap dukungan kita terhadap Palestina tidak akan surut,” ujarnya.

Sebelumnya, saat aksi Bela Palestina di Monas, Minggu (5/11/2023), Retno juga menjadi sorotan. Orasinya yang ditutup dengan pembacaan puisi tentang Palestina begitu menggetarkan jutaan orang yang hadir saat itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.