Dark/Light Mode

Prabowo Cs Nunggu Petunjuk Jokowi

Minggu, 22 Oktober 2023 08:56 WIB
Prabowo Subianto bersama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) berdoa saat Rapimnas Partai Golkar, di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Sabtu (21/10). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)
Prabowo Subianto bersama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) berdoa saat Rapimnas Partai Golkar, di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Sabtu (21/10). (Foto: Ng Putu Wahyu Rama/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Parpol-parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM) ramai-ramai mendukung Gibran Rakabuming Raka menjadi Cawapres Prabowo Subianto. Kemudian, Sabtu (21/10/2023) sore, para ketua umum parpol KIM dikabarkan merapat ke Istana. Namun, Prabowo belum juga melakukan deklarasi. Sepertinya, Prabowo masih menunggu petunjuk Presiden Jokowi.

Sabtu (21/10/2023), ada tiga parpol KIM yang mendeklarasikan dukungan terhadap Gibran. Pertama, Partai Golkar, yang dilakukan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas), di Slipi, Jakarta. Kedua, PBB yang dilakukan dalam pertemuan antara Yusril Ihza Mahendra dengan Gibran. Yang ketiga, Partai Garuda.

Di Rapimnas Golkar, Prabowo hadir langsung. Setelah Prabowo pulang, Gibran gantian datang untuk menerima surat dukungan dari Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

Setelah menghadiri Rapimnas Golkar, Prabowo langsung menghadap Jokowi di Istana Negara, Jakarta. Ketua Umum Partai Gerindra itu, terpantau keluar dari Kompleks Istana pukul 16.40 WIB. Wajahnya tampak berseri-seri. Sebelum menaiki mobil untuk pulang, Menteri Pertahanan ini, sempat melayani selfie seseorang berbaju batik.

Baca juga : Deklarasi Prabowo Nunggu Jokowi Pulang

Apa yang dibicarakan Prabowo dengan Jokowi? Politisi Gerindra Dahnil Anzar Simanjuntak menyarankan awak media menunggu keterangan dari Istana. "Tunggu keterangan Istana saja ya," kata Dahnil, dalam keterangan yang diterima Rakyat Merdeka, Sabtu (21/10/2023) malam.

Sementara, Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria memastikan, Prabowo akan mendengarkan masukan dari setiap pihak terkait sosok Cawapres. Dia bilang, Prabowo merupakan sosok pemimpin yang bijaksana, demokratis, dan negarawan. Dia meyakini, Prabowo tidak akan memberikan keputusan sepihak.

"Nanti semua nama yang masuk dibahas bersama. Kemudian diputuskan bersama," tandas Riza Patria.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto juga merapat ke Istana. Menko Perekonomian itu, tiba di Kompleks Istana 10 menit sebelum Prabowo keluar. Saat turun dari mobil, Airlangga langsung bergegas masuk Istana untuk menemui Jokowi.

Baca juga : MK Bukakan Jalan Politik Anak Jokowi

Kehadiran Airlangga dikonfirmasi Ketua DPP Golkar Bobby Adhityo Rizaldi. "Tadi bilang, rencananya benar (ke Istana) pukul 17.00 WIB," ucap Bobby.

Meski begitu, Prabowo tidak buru-buru mendeklarasikan Gibran sebagai Cawapresnya. Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyatakan, penentuan Cawapres Prabowo harus melalui tahapan-tahapan. Yang penting batas waktu pendaftaran tidak terlewati.

“Tahapan-tahapan tersebut sedang dijalani. Tentunya, karena rentang waktunya masih cukup lama, sehingga tahapan-tahapan itu dilakukan dengan hati-hati dan cermat," kata Dasco, kepada wartawan, Sabtu (21/10/2023).

Wakil Ketua DPR ini meminta semua agar sabar dan menunggu pengumuman Cawapres secara langsung dari Prabowo. "Kami minta juga kepada masyarakat, pendukung, dan simpatisan untuk tetap tenang dan menunggu kabar baiknya dari Pak Prabowo tentang siapa pendampingnya," kata Dasco.

Baca juga : Dag Dig Dug Menunggu Putusan MK

Sementara, PBB memberikan bocoran mengenai rencana deklarasi Prabowo-Gibran dan pendaftaran ke KPU. Sekjen PBB Afriansyah Noor menyebut, KIM akan mendaftarkan Prabowo-Gibran ke KPU pada Rabu (25/10/2023).

Lalu, apa yang ditunggu Prabowo? Pengamat politik dari Universitas Airlangga Prof Kacung Marijan menduga, Prabowo masih menunggu petunjuk Jokowi. Tujuan kedatangan Prabowo dan Airlangga ke Istana juga untuk meminta petunjuk Jokowi. Khususnya meminta kepastian tentang pencalonan Gibran sebagai Cawapres.

"Ini bukan semata-mata Pak Jokowi orang tua Mas Gibran, tetapi juga karena Pak Jokowi masih dipandang sangat berpengaruh secara elektoral," kata Prof Kacung, kepada Rakyat Merdeka.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Minggu (22/10), dengan judul “Prabowo Cs Nunggu Petunjuk Jokowi”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.