Dark/Light Mode

Lantang Bela Palestina

Retno Dipuji Jokowi

Rabu, 8 November 2023 07:50 WIB
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (kedua kanan) menyampaikan puisi disaksikan Ketua DPR Puan Maharani (kanan) saat aksi akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di kawasan Monas, Jakarta, Minggu (5/11/2023). (Foto: Antara)
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi (kedua kanan) menyampaikan puisi disaksikan Ketua DPR Puan Maharani (kanan) saat aksi akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di kawasan Monas, Jakarta, Minggu (5/11/2023). (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Retno menjelaskan alasan dirinya membuat puisi. Salah satunya, sebagai bentuk kepedulian kepada rakyat Palestina. Juga statusnya sebagai seorang perempuan, ibu rumah tangga dan juga nenek.

“Itu adalah puisi betapa concern saya terhadap situasi kemanusiaan di sana. Terutama situasi anak-anak yang setiap 10 menit ada anak meninggal,” tuturnya.

Retno menegaskan, Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk terus membantu negara Palestina. Salah satunya dengan memberi bantuan kepada rakyat Palestina yang tengah kesulitan di tengah serangan Israel.

Baca juga : Bantuan Kemanusiaan RI Untuk Palestina Tiba Di Mesir

“Keinginan masyarakat untuk memberikan bantuan untuk saudara-saudaranya di Palestina itu sangat luar biasa, jadi kita pemerintah akan mengkoordinir. Dan sekali lagi perjuangan kita tidak akan berhenti, jalannya masih sangat panjang, tapi kita akan berusaha semaksimal mungkin,” ujarnya.

“Jadi bantuan yang dikirim harus dikurasi dan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan misalnya air, pembersih air, kemudian obat-obatan. Obat-obatan ada antibiotik ada obat-obatan lain, tapi yang pasti obat-obatan ini tidak memerlukan cold storage karena teman-teman bahwa tidak ada listrik,” imbuhnya.

Retno menegaskan, Indonesia satu suara untuk menghentikan kekerasan akibat perang Israel dengan Hamas di Palestina. Saat ini, sudah hampir 10 ribu nyawa melayang imbas perang tersebut.

Baca juga : KawanJuangGP Gelar Pesta Rakyat Ganjar Pranowo #14 Di Kabupaten Cirebon

“Sudah sekian hampir 10 ribu by now meninggal dan setiap 10 menit 1 anak meninggal ini adalah katastrofi kemanusiaan yang tadi bapak presiden sampaikan tidak bisa tidak bisa kita terima,” ungkap Retno

Ia menjelaskan bahwa langkah-langkah diplomasi yang dilakukannya sudah dikerahkan. Posisi Indonesia jelas bersama dengan rakyat Palestina. “Posisi kita tidak bergerak bahwa kita akan terus bersama dengan rakyat Palestina untuk memperjuangkan hak-haknya,” tegas Retno

Di dunia maya, Retno juga banjir pujian. Banyak warganet yang merasa terwakili dengan sikap Retno yang keras terhadap Israel dan mendukung kemerdekaan Palestina.

Baca juga : Dukung Aksi Bela Palestina, Bamsoet Serukan Penghentian Kekerasan di Gaza

“Bu Retno. Terimakasih atas upaya kerasnya untuk mengevakuasi WNI dari Gaza,” cuit @erlinaburhan. “Sang Macan itu bernama Retno Marsudi...Sang Menlu! Hatinya terkoyak melihat Penjajahan Israel..Terbuat dari apa hatimu Bu sehingga begitu berani bicara di Forum Dunia PBB...” puji @Lisaarmatatara6. “Sutan Sjahrir dan Agus Salim tersenyum pada Bu Retno..” timpal @DokfFun.

“Bu Retno salah satu dr tiga dr menteri yg patut dipertahankan sih siapapun presiden nya nanti, selain pak basuki,” ujar @putraesaaa. “Bu Menlu keren,” timpal @Regasbellion.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 8/11/2023 dengan judul Lantang Bela Palestina, Retno Dipuji Jokowi

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.