Dark/Light Mode

Duta Besar Indonesia Untuk Jepang Heri Akhmadi

Dampingi Menteri PUPR Tinjau Pembangunan Gedung KBRI Tokyo

Sabtu, 11 November 2023 06:36 WIB
Dubes Heri Akhmadi (kanan) mendampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melihat renovasi Gedung KBRI Tokyo, Jepang , Kamis (9/11/2023). (Foto KBRI Tokyo)
Dubes Heri Akhmadi (kanan) mendampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melihat renovasi Gedung KBRI Tokyo, Jepang , Kamis (9/11/2023). (Foto KBRI Tokyo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi mendampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau proses akhir pembangunan Gedung Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo, Kamis (9/11/2023).

Peninjauan gedung KBRI Tokyo diawali dengan pemaparan pembangunan Gedung KBRI Tokyo yang disampaikan Arsitek dari Kisho Kurokawa, Keisuke Hirata dan General Project Manager Taisei Corporation Tomonori Furukawa.

Dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/11/2023), Dubes Heri senang bisa menunjukkan progres pembangunan KBRI Tokyo pada Menteri Basuki.

Baca juga : Latihan Gamelan Jelang Peringati Sumpah Pemuda

“Gedung itu menjadi etalase kebhinekaan Indonesia. Selain tema batik, ada kekhasan dari berbagai daerah di Indonesia yang ada dalam arsitektur bangunan Gedung ini,” ujar Dubes Heri.

Dubes Heri yang ditemani Wakil Kepala Perwakilan RI, John Tjahjanto Boestami, Pejabat Pembuat Komitmen Pembangunan Gedung KBRI Tokyo, Ali Sucipto, dan sejumlah pejabat KBRI Tokyo lainnya berterima kasih pada Menteri Basuki yang sudah dua kali berkunjung dan melihat kemajuan pembangunan KBRI Tokyo.

Pembangunan Gedung KBRI Tokyo yang dimulai April 2021, dijadwalkan akan selesai pada pertengahan November 2023. Usai melakukan peninjauan, Menteri Basuki memastikan pembangunan Gedung KBRI Tokyo mencapai tahap akhir dan siap digunakan.

Baca juga : Dubes Indonesia Untuk Ukraina Peringati Hari Sumpah Pemuda Di Tengah Konflik

“Saya melihat perkembangan akhir pembangunan Gedung KBRI Tokyo yang sudah mencapai 99,9 persen. Pekan depan sudah bisa dilakukan serah terima,” kata Basuki.

Dia sangat senang bisa melihat Gedung KBRI menggunakan material-material yang dibawa dari Indonesia, seperti marmer, granit dan batu candi. Dari sisi keamanan juga sesuai standar Jepang, seperti halnya tangga darurat yang ada di luar bangunan gedung.

Menteri Basuki menginfokan, tahun depan Pemerintah Indonesia akan melakukan renovasi pada Gedung KBRI Kuala Lumpur dan Washington DC. Sementara KBRI Tokyo bisa jadi contoh bangunan yang ramah lingkungan. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.