Dark/Light Mode

Dubes Indonesia Untuk Serbia Mochammad Chandra Widya Yudha

Tarian Tradisional Pukau Tamu HUT Kemerdekaan

Rabu, 11 Oktober 2023 06:22 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Serbia Mochammad Chandrdan istri berfoto bersama Menteri Luar Negeri Serbia Ivica Dacic (tengah) di resepsi HUT RI dan TNI di Hotel Grand Hyatt, Beograd, Serbia, Kamis, 5 Oktober 2023. (Foto KBRI Serbia)
Duta Besar Indonesia untuk Serbia Mochammad Chandrdan istri berfoto bersama Menteri Luar Negeri Serbia Ivica Dacic (tengah) di resepsi HUT RI dan TNI di Hotel Grand Hyatt, Beograd, Serbia, Kamis, 5 Oktober 2023. (Foto KBRI Serbia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Acara resepsi HUT Kemerdekaan Indonesia dan HUT TNI ke-78 berlangsung meriah di Hotel Grand Hyatt, Beograd, Serbia, Kamis (5/10). Para pagar ayu menyapa para tamu dengan kebaya bernuansa merah dan putih.

Alunan gamelan mendayu-dayu menghibur telinga para tamu, yang memasuki aula acara. Hadir dalam acara itu, First Deputy Prime Minister sekaligus Menteri Luar Negeri, Ivica Dacic, dan Menteri Pembangunan Daerah Regional, Edin Djerlek, Kepala Perwakilan dan kalangan diplomatik serta organisasi internasional, serta friends of Indonesia di Serbia.

Kehadiran pejabat tinggi Serbia ini, menurut Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Serbia dan Montenegro, Mochammad Chandra Widya Yudha, menunjukkan strategisnya peran Indonesia bagi Serbia.

Baca juga : Dubes Indonesia Untuk Thailand Bangga Pamerkan Lukisan Kolaborasi Seniman Dua Negara

“Kerja sama Indonesia-Serbia tidak hanya tercermin dalam peningkatan perdagangan. Namun juga mencakup penguatan hubungan politik, pertukaran budaya dan kerja sama pendidikan,” ujarnya.

Tahun 2023 ditandai peningkatan hubungan dalam berbagai sektor. Yakni peningkatan volume perdagangan sebesar 227 persen dalam paruh pertama 2023 dibandingkan tahun lalu.

Kolaborasi kedua negara juga menghasilkan pengukuhan do￾kumen “The First Summit of the Non-Aligned Movement in Belgrade” sebagai "UNESCO’s Memory of the World".

Baca juga : Rayakan HUT RI Pake Baju Adat

Selain itu, aksesi Serbia terhadap Treaty of Amity and Cooperation in South East Asia (TAC) mencerminkan pengakuan Serbia atas prinsip-prinsip dan nilai-nilai ASEAN.

“Jalinan kemitraan dan kerja sama Indonesia dan Serbia makin terbuka lebar berkat people to people contact,” sambungnya.

Menurut Chandra, hubungan antarmasyarakat kedua negara yang dibina secara berkesinambungan melalui berbagai fasilitas beasiswa dari Pemerintah Serbia dan Indonesia, menjadi modal dasar dalam peningkatan diplomasi kedua negara.

Baca juga : Dubes Indonesia Untuk Kamboja Ajak Pengusaha Kamboja Ke TEI Dan Halal Expo

Sebelumnya, Tari Pasambahan memukau tamu di awal acara. Decak kagum pun bertambah dengan penampilan paduan suara Collegium Musicum membawakan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Boze Pravde.

Acara makin semarak dengan penampilan Tari Kipas dan Jaipong, yang dibawakan para mahasiswa dan diaspora Indonesia yang ada di sana. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.