Dark/Light Mode

Jadi Penari Balet Umur 63 Tahun

Senin, 13 November 2023 06:58 WIB
Liu Ziqing mempraktikan salah satu gerakan dalam balet. (Foto Odditity Central)
Liu Ziqing mempraktikan salah satu gerakan dalam balet. (Foto Odditity Central)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mewujudkan impian tak mengenal batasan waktu. Di saat kebanyakan orang sudah memikirkan pensiun, pria di China ini tengah asik menjalankan profesinya sebagai penari balet di usia 63 tahun.

Kisah kakek penari balet tersebut tengah viral di media sosial China. Namanya Liu Ziqing (63), petugas kebersihan yang mulai belajar balet saat berumur 53 tahun.

Liu telah menjadi penggemar balet sejak masih kecil. Ia jatuh cinta pada tarian tersebut setelah menonton pertunjukan balet pada 1960-an. Namun, ia tidak pernah benar-benar mendapat kesempatan menari balet.

Baca juga : Mengingat Asa 4 Tahun Lalu

Apalagi bagi Liu yang tumbuh dalam keluarga miskin, menari adalah sebuah kemewahan yang tidak mampu dibelinya. Namun dalam 10 tahun terakhir, semua berubah.

“Suatu hari, saya melihat kursus pelatihan dasar balet di televisi, yang memicu saya harus mencoba belajar menari,” kata Liu melansir South China Morning Post.

“Selama 10 tahun terakhir adalah periode yang paling indah dalam hidup saya. Karena saya belajar balet dan mulai mewujudkan impian saya,” sambungnya.

Baca juga : Hari Pertama Kerja, Gasak 53 iPhone

Balet memerlukan tingkat kebugaran dan fleksibilitas yang harus dilakukan sedini mungkin dan memerlukan pelatihan seumur hidup. Namun, Liu tidak membiarkan masalah usia menghalangi mimpinya.

Sebagian besar teman dan kenalannya tidak mengerti mengapa Liu mau menjalani pelatihan yang sulit ini di usianya yang tak muda lagi. Terkadang Liu harus tidur dalam posisi leg press untuk meningkatkan kekuatannya.

Ini adalah pengorbanan yang rela ia lakukan. Baginya, balet tidak hanya membuatnya menjadi orang bahagia, namun juga memberikan manfaat bagi kesehatannya.

Baca juga : Jika Jadi Presiden, Ganjar Tak Bakal Beri Karpet Merah Buat Sang Anak

“Dulu, saya punya masalah perut. Setelah rutin menari selama satu dekade terakhir, sebagian besar masalah perut saya hilang. Saya sekarang melakukan apa yang ingin saya lakukan ketika saya masih muda,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.