Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Duta Besar Indonesia Untuk Jepang Heri Akhmadi

Gelar Tumpengan, Apresiasi Tokoh Penerima Bintang Jasa Dari Kaisar

Selasa, 14 November 2023 07:14 WIB
Dubes Heri Akhmadi tengah bersama Menlu 2001-2009 Hassan Wirajuda kanan dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam acara tumpengan di Wisma Duta, Tokyo, Jepang, 8 November 2023. (Foto KBRI Tokyo)
Dubes Heri Akhmadi tengah bersama Menlu 2001-2009 Hassan Wirajuda kanan dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam acara tumpengan di Wisma Duta, Tokyo, Jepang, 8 November 2023. (Foto KBRI Tokyo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Jepang menganugerahkan bintang jasa ‘The Order of the Rising Sun’ periode musim gugur 2023 kepada tiga tokoh Indonesia, yang berjasa memperkuat kerja sama Indonesia dan Jepang.

Sebagai bentuk apresiasi, Duta Besar Indonesia (Dubes) untuk Jepang, Heri Akhmadi menyelenggarakan syukuran di Wisma Duta, KBRI Tokyo, Rabu, 8 November 2023. Tiga tokoh tersebut adalah Menteri Luar Negeri 2001-2009 Hassan Wirajuda yang menerima bintang jasa The Grand Cordon of the Order of the Rising Sun, Menteri Pekerjaan Umum dan Pe￾rumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, yang menerima bintang jasa The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star, serta Djodjok Soepardjo, Profesor Universitas Negeri Surabaya.

Turut hadir pada acara syukuran ini, Ketua Japan Indonesia Association (Japinda) Yasuo Fukuda, Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel dan Wakil Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Alue Do￾hong. Namun, Prof Djodjok tidak hadir dalam pertemuan itu.

Baca juga : Resmikan Monumen Jenderal Hoegeng, Kapolri: Tokoh Panutan Yang Harus Diteladani

“Selamat untuk Pak Hassan dan Pak Basuki atas penghargaan dari Pemerintah Jepang. Ini bentuk konkret kedekatan kedua bangsa, sekaligus bentuk apresiasi atas jasa dan kontribusi para tokoh ini terhadap penguatan kerja sama Indonesia dan Jepang,” kata Dubes Heri, yang didampingi Wakil Dubes RI, John Tjahjanto Boestami, dan sejumlah pejabat KBRI Tokyo lainnya.

Heri menambahkan, penghargaan itu istimewa, karena bertepatan dengan 65 Tahun Peringatan Hubungan Diplomatik Indonesia dan Jepang.

“Hari ini kita berkumpul bersama, tumpengan, bersyukur atas prestasi putra-putra terbaik bangsa dan eratnya hubungan Indonesia-Jepang,” tambahnya.

Baca juga : Demi Sepak Bola Indonesia, Presiden FIFA Dianugerahi Bintang Jasa

Hassan Wirajuda yang didampingi istri, Bernadetta Febriana, menerima bintang jasa The Grand Cordon of the Order of the Rising Sun langsung dari Kaisar Jepang Naruhito di Istana Kekaisaran Jepang. Penghargaan ini diberikan karena Pemerintah Jepang melihat Hassan telah meningkatkan hubungan kedua negara menjadi Kemitraan Strategis dan telah berhasil mewujudkannya.

“Saya menerima penghargaan ini langsung dari Kaisar Jepang. Kaisar sempat berbicara langsung kepada saya. Kaisar mengucapkan terima kasih atas eratnya hubungan kerja sama Indonesia-Jepang. Saya meyakini, ke depannya hubungan kedua negara akan semakin luas dengan pondasi yang makin kokoh,” kata Hassan.

Sementara penghargaan bintang jasa The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star diberikan langsung Perdana Menteri Fumio Kishida kepada Menteri PUPR di Istana Kaisar Jepang. Basuki Hadimuljono dianggap berkontribusi bagi peningkatan hubunan antara Jepang dan Indonesia di bidang infrastruktur.

Baca juga : Dampingi Menteri PUPR Tinjau Pembangunan Gedung KBRI Tokyo

“Semoga penghargaan ini bisa menjadi penyemangat untuk percepatan penyelesaian kerja sama proyek-proyek infrastruktur Indonesia-Jepang,” ujar Basuki, yang hadir didampingi istri, Kartika Basuki. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.