Dark/Light Mode

Resmikan Monumen Jenderal Hoegeng, Kapolri: Tokoh Panutan Yang Harus Diteladani

Sabtu, 11 November 2023 19:11 WIB
Foto: Divhumas Polri
Foto: Divhumas Polri

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meresmikan monumen Jenderal Polisi Hoegeng Iman Santoso di Pekalongan, Jawa Tengah, Sabtu (11/11/2023).

Kegiatan ini turut dihadiri Panglima TNI Laksamana Yudo Margono serta seluruh lapisan elemen masyarakat dan pihak terkait lainnya.

Menurut Sigit, monumen tersebut didirikan untuk menginspirasi keteladanan Jenderal Polisi Hoegeng Iman Santoso sebagai Insan Bhayangkara yang jujur, sederhana dan berintegritas.

"Polri memiliki tokoh idola dan panutan mantan Kapolri yang saya kira sudah dikenal masyarakat, juga dikenal di lingkungan Polri. Beliau sosok yang luar biasa," ujar Sigit.

Baca juga : Palsukan Kuitansi Dan Tanda Tangan, Kepala HUDEV UI Ditahan

Dari testimoni-testimoni yang ada, Hoegeng dikenal sebagai orang yang jujur dan berani.

"Banyak nilai-nilai yang beliau ajarkan, bahwa melakukan sesuatu menjadi teladan itu tidak mudah, namun itu dilakukan," tuturnya.

Oleh karena itu, Sigit menegaskan, segala hal baik yang diwariskan Hoegeng harus terus diteladani oleh generasi penerus bangsa, serta seluruh personel kepolisian.

"Beliau sebagai tokoh panutan, teladan, yang harus kita warisi keteladanannya, kejujuran, keberaniannya. Dan nilai-nilai lain yang tentunya ini menjadi sangat penting untuk generasi polisi baik yang sekarang maupun akan datang," ingat eks Kabareskrim Polri ini.

Baca juga : Relawan Tuan Guru Ganjar Sokong Pembangunan Ruang Kelas TPQ Di Langkat

Dalam kesempatan ini, Kapolri juga sempat berdialog melalui virtual dengan Meriyati Roeslani atau Meri Hoegeng, istri mantan Kapolri Jenderal Polisi (Purn) Hoegeng Iman Santoso.

Dalam dialog tersebut, Eyang Meri, sapaan akrabnya, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit serta jajaran yang telah meresmikan monumen Jenderal Hoegeng.

Menurut Eyang Meri, Pekalongan merupakan daerah yang memiliki sejarah historis yang manis.

"Pak Listyo saya minta semua anggota Bhayangkara-Bhayangkari agar menjadi contoh yang baik bagi masyarakat. Terus menolong dan berbagi. Kami juga memohon selalu senyum dan kami hanya bisa bilang satu, pak Listyo titip Polri, terima kasih," tutur Eyang Meri.

Baca juga : Pimpin Apel Pasukan Mantap Brata, Kapolri Pastikan Wujudkan Pemilu Damai

Menanggapi hal itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit menegaskan, akan berusaha semaksimal mungkin untuk terus meneladani sosok Jenderal Hoegeng.

"Tentunya kami menyadari tidak mudah untuk menjadi seorang Hoegeng Iman Santoso. Namun kami yakin, generasi muda akan berusaha semaksimal mungkin untuk teladani Jenderal Hoegeng Iman Santoso," tutur Sigit.

"Kami tentunya berdoa, saat ini dan di hari yang akan datang, akan lahir Hoegeng baru. Mohon doanya," imbuh Sigit, mengakhiri dialog.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.