Dark/Light Mode

Xi Minta Biden Ambil Tindakan Nyata, Soal Komitmen Tak Dukung Kemerdekaan Taiwan

Kamis, 16 November 2023 07:52 WIB
Presiden China Xi Jinping (Foto: Instagram)
Presiden China Xi Jinping (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden China Xi Jinping mendesak Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden untuk mengambil tindakan nyata, soal komitmen tak mendukung Kemerdekaan Taiwan.

Kantor Berita China Xinhua menyebut, dalam pertemuan kedua pemimpin yang digelar sebelum KTT Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) 2023 di San Fransisco pada Rabu (15/11/2023), Xi mendesak AS untuk berhenti mempersenjatai Taiwan dan mendukung reunifikasi damai China.

Baca juga : Di Forum Menhan ASEAN, Prabowo Tegaskan Komitmen Indonesia Bantu Palestina

"Pada akhirnya, China akan mencapai reunifikasi, dan pasti akan mencapai reunifikasi," kata Xi.

Disebutkan pula, masalah Taiwan selalu menjadi masalah paling penting dan sensitif, dalam hubungan AS-China.

Baca juga : Kemendikbud: Pendidikan Vokasi Dukung Perekonomian Nasional

Pernyataan Xi tentang Taiwan muncul, ketika pulau yang memiliki otonomi sendiri, bersiap menggelar Pilpres pada Januari 2024. Ketegangan dengan China, dipastikan menjadi item utama agenda kampanye Pilpres Taiwan.

Partai Komunis China yang saat ini berkuasa, mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya, meskipun tidak pernah mengendalikan pulau berpenduduk 23 juta orang itu.

Baca juga : Bertemu Masyarakat Sumut, Ganjar Berkomitmen Hadirkan Pemerataan Pembangunan

CNN International edisi Kamis (16/11/2023) melaporkan, Xi bersumpah, tidak akan pernah meninggalkan penggunaan kekuatan, untuk bersatu kembali dengan Taiwan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.