Dark/Light Mode

Bantuan Palestina Dikirim Lagi

Jokowi: Indonesia Terus Serukan Gencatan Senjata, Kekejaman Di Gaza Harus Distop

Senin, 20 November 2023 09:21 WIB
Presiden Jokowi (kedua kanan) saat melepas bantuan kemanusiaan tahap kedua untuk Palestina di Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta, Senin (20/11/2023). (Foto: YouTube)
Presiden Jokowi (kedua kanan) saat melepas bantuan kemanusiaan tahap kedua untuk Palestina di Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta, Senin (20/11/2023). (Foto: YouTube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi kembali menegaskan dukungan Indonesia untuk perjuangan bangsa Palestina, serta seruan gencatan senjata di tengah perang Israel-Palestina yang terus memanas.

Hal ini disampaikan Jokowi di hadapan Duta Besar Palestina Zuhair Al Shun, saat melepas bantuan kemanusiaan untuk Palestina tahap kedua di Base Ops Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Halim Perdanakusuma di Jakarta, Senin (20/11/2023).

Baca juga : Jokowi Dirangkul Biden

"Alhamdulillah, pada pagi hari ini kita akan mengirimkan bantuan pada saudara-saudara kita di Gaza. Ada dua pesawat yang akan mengangkut 21 ton obat obatan kemudian perlengkapan rumah sakit, makanan, dan barang keperluan lainnya sesuai kebutuhan masyarakat Gaza," kata Jokowi.

Bantuan yang bersumber dari anggaran pemerintah, bernilai total Rp 31,9 miliar. Selain itu, juga ada sumbangan dari perusahaan swasta dan masyarakat. Antara lain dari PT Paragon Teknologi dan Inovasi,  Indonesian Humanitarian Alliance, Kita Bisa, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), dan We Care.  

Baca juga : Jokowi Ajak Presiden Joe Biden Turut Hentikan Konflik Dan Kekejaman Di Gaza

Sama seperti bantuan tahap pertama, pesawat nanti akan menuju El Arish. Baru setelah itu, akan didistribusikan ke Gaza.

Selain bantuan kemanusiaan, Jokowi memastikan, Indonesia juga akan terus memberikan dukungan politik bagi Palestina.

Baca juga : Minta Biden Stop Kekejaman Israel Di Gaza, Jokowi: Gencatan Senjata Itu Harus

"Sebagai salah satu utusan khusus Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), menteri luar negeri Indonesia juga sedang berada di beberapa negara untuk menggalang dukungan. Agar kekejaman di Gaza segera dihentikan, dan segera dilakukan genjatan senjata. Bantuan kemanusiaan pun bisa masuk dengan baik, untuk membantu saudara-saudara kita di Gaza," papar Jokowi. 

"Sekali lagi saat tegaskan, Indonesia akan terus bersama mendukung perjuangan bangsa Palestina," tandas Presiden ke-7 RI ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.