Dark/Light Mode

Dubes Ubaedillah Bangga Pramuka Indonesia Ramaikan Jambore ke-5 Brunei

Senin, 11 Desember 2023 12:54 WIB
Duta Besar Indonesia untuk Brunei Darussalam Ahmad Ubaedillah bersama para anggota Pramuka kontingen Indonesia dalam Jambore Nasional ke-5 Brunei Darussalam. (Foto: KBRI Bandar Seri Begawan)
Duta Besar Indonesia untuk Brunei Darussalam Ahmad Ubaedillah bersama para anggota Pramuka kontingen Indonesia dalam Jambore Nasional ke-5 Brunei Darussalam. (Foto: KBRI Bandar Seri Begawan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Indonesia untuk Brunei Darussalam Ahmad Ubaedillah menyapa anggota Pramuka kontingen Indonesia yang mengikuti Jambore Nasional ke-5 Brunei Darussalam (The 5th Brunei Darussalam Scout National Jamboree) yang diselenggarakan di Royal Grand Stand, Community Hall, Bukit Bendera, Tutong, Brunei Darussalam. Di acara yang digelar pada 2-7 Desember 2023 ini, 288 Pramuka Indonesia ikut berpartisipasi.

Persekutuan Pengakap Nasional Brunei Darussalam (PPNBD) sebagai panitia penyelenggara Jambore ke-5, mengangkat tema “Boyscout on The Move”. Tujuan antara lain untuk meningkatkan dan mendorong interaksi antar Pramuka, membina dan menanamkan persahabatan, serta kerja sama antar Pramuka, baik di Brunei maupun dengan negara-negara lainnya. 

Baca juga : Tepat, Ganjar-Mahfud Bertekad Bangun Indonesia Sampai Desa

Penyelenggaraan Jambore ke-5 tersebut bertepatan dengan peringatan 90 tahun pendirian Pengakap (Pramuka) Brunei pada 1933 di Tutong. Sesuai kesepakatan, kegiatan Jambore berikutnya akan diadakan di Malaysia (ke-6), yang kemudian akan dilanjutkan di Singapore (ke-7) dan di Indonesia (ke-8).
Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah membuka kegiatan Jambore Nasional Brunei Darussalam ke-5 pada, Senin (4/12). Sementara untuk penutupan, acara ini dihadiri Pangeran Al-Muhtadee Billah Bolkiah, Kamis (7/12).

Dalam kunjungannya, Dubes Ubaedillah mengaku bangga dengan kehadiran kontingen Indonesia. “Kehadiran kontingen Indonesia yang mencapai 288 Pramuka dalam Jambore Brunei tahun ini menunjukkan bahwa Pramuka Indonesia juga turut aktif dalam mempromosikan citra prositif Indonesia, yang sebagai bagian dari upaya soft diplomacy Indonesia di luar negeri," ujarnya, dalam keterangan tertulis yang diterima RM.id, Senin (11/12).

Baca juga : Dubes Uni Eropa Untuk Indonesia Dan Brunei Jadi Dosen Tamu Di UKI

Kegiatan Jambore Nasional ke-5 Brunei diikuti lebih dari 800 peserta yang berasal dari Brunei, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand. 
Kontingen Pramuka Indonesia merupakan peserta terbanyak, setelah tuan rumah Pramuka Brunei. Kontingen Indonesia dipimpin Sekretaris Komisi Kerja sama Luar Negeri Gerakan Pramuka Nasional Indonesia Mohammad Laiyin Nento. 

Berdasarkan informasi yang diterima KBRI Bandar Seri Begawan, Kontingen Pramuka Indonesia berasal dari Kwartir Daerah Jakarta, Jawa Barat, Lampung, Sumatera Selatan, Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Baca juga : Tidak Boleh Menggunakan Kekerasan

Para kontingen Indonesia sudah kembali ke Tanah Air dengan selamat dan membawa oleh-oleh berupa pengalaman yang berharga selama jambore.
Dalam perjalanan pulang, kontingen Pramuka dari Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah dilaporkan melalui jalur darat pada Kamis (7/12).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.