Dark/Light Mode

RS Indonesia Di Gaza Jadi Markas Israel

Kiai Ma’ruf Marah

Minggu, 24 Desember 2023 08:38 WIB
Wapres Kiai Ma’ruf Amin. (Foto: Dok. Setwapres)
Wapres Kiai Ma’ruf Amin. (Foto: Dok. Setwapres)

 Sebelumnya 
Juru bicara Kemenlu, Lalu Muhammad Iqbal mengatakan pihaknya sudah turut melayangkan protes. Karena alasan tersebut juga, Indonesia terus mendesak dilakukan gencatan senjata permanen di Gaza.

“Kami sudah sampaikan keprihatinan kita mengenai sistem kesehatan di Gaza dan ini juga disampaikan dalam pertemuannya dengan WHO di Jenewa yang lalu bahwa dari 35 rumah sakit itu saat ini hanya tinggal 12 yang aktif, yang bisa dioperasikan,” ucapnya.

Dia memaparkan, dari 12 rumah sakit yang masih beroperasi, ada yang kapasitasnya mencapai tiga kali lipat dari kapasitas maksimal. Selain itu, 71 persen fasilitas kesehatan di Gaza sudah tidak berfungsi lagi. Saat ini yang berfungsi hanya 29 persen, termasuk klinik, ambulans, dan sebagainya.

Baca juga : Ini Pesan Khusus Di Balik Baju Adat Madura Mahfud MD

“Ibu Menlu pergi ke Jenewa salah satu prioritasnya adalah bertujuan untuk isu ini. Bahwa sistem kesehatan yang ada di Gaza itu sudah gagal sekarang itu untuk menghandle situasi kemanusiaan yang ada di Gaza,” kata Iqbal.

Iqbal menuturkan, RS di Gaza Utara sudah tidak ada yang aktif lagi. “Sekarang tinggal RS di Gaza Selatan. Itupun sudah menampung hampir dua sampai tiga kali lipat dari kapasitas terpasang,” kata Iqbal.

Di dunia maya, kelakuan tentara Israel menguasai RS Indonesia bikin warganet ikutan geram. Pemilik akun @ds_yantie mengatakan, tindakan Israel harus segera dihentikan. “Sudah keterlaluan memang orang-orang zionis itu,” ucapnya. “Wallahi, kami rakyat Indonesia tidak ikhlas RS kami dijadikan markas IDF,” timpal @Nuuurull.

Baca juga : Jokowi: PAN Masuk Keluarga Kita, Kita Masuk Keluarga PAN

Akun @winn149 berharap, Indonesia segera melayangkan protes kepada PBB dan WHO agar segera melakukan tindakan. “Perlu kepala negara mengambil langkah diplomat terhadap Israel dan pembicaraan dengan PBB. Sudah jelas fungsi rumah sakit adalah untuk kemanusiaan yang perlu pelayanan kesehatan,” kicaunya. “Harus tuntut balik....Fasilitas kesehatan bukan untuk Militer,” tegas @Nuryat781.

Akun @cacakdeik ikutan marah mengetahui tentara Israel berlindung di RS Indonesia. Kata dia, Israel nuduh Hamas pakai RS untuk markas. Ternyata justru Israel yang menggunakan RS untuk markas. “Kurang ajar memang Israel ini,” sebutnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Minggu 24/12/2023 dengan judul RS Indonesia Di Gaza Jadi Markas Israel, Kiai Ma’ruf Marah

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.