Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk Jepang Heri Akhmadi Pererat Komunitas Indonesia Di Okinawa

Rabu, 27 Desember 2023 07:26 WIB
Dubes Heri Akhmadi keenam kiri berfoto bersama diaspora Indonesia di Okinawa, Jepang, Sabtu (23/12/2023). (Foto KBRI Tokyo)
Dubes Heri Akhmadi keenam kiri berfoto bersama diaspora Indonesia di Okinawa, Jepang, Sabtu (23/12/2023). (Foto KBRI Tokyo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo berkomitmen merangkul dan memperkuat komunitas masyarakat dan diaspora Indonesia di Jepang. Selain bisa menjadi wadah untuk saling membantu, juga menjadi ajang mempromosikan Indonesia di Negeri Sakura itu.

KBRI Tokyo siap melayani masyarakat Indonesia yang tinggal di Jepang. Saya mendorong Persatuan Persahabatan Okinawa dan Indonesia, Perhimpunan Pelajar Indonesia Okinawa, dan Komunitas Keluarga Okinawa Indonesia (KKOI) agar menjadi wadah bersama untuk bersilaturahmi, saling membantu dan bergotong royong,” ujar Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/12/2023).

Menjelang akhir tahun, Dubes Heri Akhmadi menggelar dialog dengan Warga Negara Indonesia (WNI) di acara Indonesia-Japan Friendship Day (IJFD), di Okinawa, 21-23 Desember 2023. Dalam kegiatan ini, Dubes Heri didampingi Sekretaris Pertama Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya, Lodya Habsanthiara Mone, Sekretaris Pertama Fungsi Politik, Budi Akmal Djafar, dan Atase Keuangan, Leni Nurlaeni. Hadir pula dalam kunjungan ini, Wakil Kepala Perwakilan Indonesia Investment Promotion Center (IIPC) Tokyo, Dimas Ramadhan.

Baca juga : Dubes RI Untuk China Menari Bersama Saat Malam Kebudayaan Indonesia Di Shanghai

“Saya titip kepada teman-teman agar dapat menjadi ujung tombak promosi Indonesia dalam memperkenalkan ragam seni budaya Indonesia kepada warga Jepang di Okinawa,” sambung Dubes Heri.

Terkait Pemilu 2024, Dubes yang merupakan politikus PDIP itu meminta WNI untuk lapor diri, agar tercatat di database Pemerintah Indonesia.

“Jangan lupa daftar Pemilu, dan jaga suasana tetap kondusif,” pesannya.

Baca juga : Dukung Penerapan Energi Terbarukan, CCEP Indonesia Jalin Kerja Sama dengan PLN

Acara dialog Dubes dengan masyarakat Indonesia di Okinawa ini dimeriahkan dengan penampilan kesenian tradisional yang diorganisir Sanggar Matahari Terbit.

IJFD Okinawa adalah penutup rangkaian IJFD 2023 KBRI Tokyo yang telah terselenggara di 12 kota di Jepang. Di tengah peringatan 65 tahun hubungan Indonesia-Jepang, IJFD adalah kegiatan terpadu meliputi pelayanan konsuler, imigrasi, konsultasi keuangan dan pendidikan.

Pada IJFD kali ini, 118 orang WNI mendapatkan pelayanan. Di antaranya pelayanan paspor 100 orang, registrasi ulang Identitas Kependudukan Digital/e-KTP tiga orang, lapor diri 10 orang dan konsultasi kekonsuleran lima orang.

Baca juga : BPIP Dan Kementerian PPPA Ajak Perempuan Majukan Indonesia

Pada kesempatan itu, Dubes Heri juga berdialog dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) dan bertemu Ketua Persatuan Persahabatan Okinawa-Indonesia, Moriki Nishihira.

Dia berpesan, kenaikan jumlah WNI di Okinawa mendapat perhatian khusus. Di tengah IJFD 2023 di Okinawa ini, Dubes Heri juga melakukan pertemuan dengan Wakil Gubernur Okinawa, Yoshimi Teruya.

Dalam pertemuan itu disepakati peningkatan kerja sama Indonesia Okinawa, terutama dalam bidang perikanan, tenaga kerja dan pelindungan WNI. Dubes Heri juga melakukan kunjungan ke Food Reborn Co., Ltd yang merupakan perusahaan serat nanas di Okinawa, Okinawa Institute of Science and Technology (OIST), dan Okinawa Association of Corporate Executives.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.