Dark/Light Mode

BSI Maslahat Dan BSI Gelar Pelatihan Calon Khotib Muda Indonesia Batch 2

Kamis, 21 Desember 2023 06:51 WIB
Training Intensif Calon Khotib Muda Indonesia TICKMI Batch 2. (Foto: Ist)
Training Intensif Calon Khotib Muda Indonesia TICKMI Batch 2. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - BSI Maslahat bekerja sama dengan PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Yayasan Al Washiyyah menggelar Training Intensif Calon Khotib Muda Indonesia (TICKMI) Batch 2.  

Komisaris Utama BSI, Muliaman Hadad berharap, ke depan pelatihan serupa dapat diselenggarakan tidak hanya di Jakarta tapi juga di kota-kota lain di Indonesia bekerja sama dengan berbagai organisasi terkait. 

“Opsi kedua, agar pelatihan ini dapat dilaksanakan di luar negeri, karena banyak masjid masjid di luar negeri yang masih kekurangan Khotib terdidik dengan latar belakang yang sesuai,” ujarnya di Jakarta, Rabu (20/12/2023).

Baca juga : KI Pusat Berikan Catatan Pelaksanaan Monev Keterbukaan Informasi 2023

Training yang digelar pada Selasa-Rabu (19-20 Desember 2023) di Hotel Gren Alia Jakarta ini mengangkat tema ‘Menjadikan Indonesia Bermartabat, Melalui Khatib Yang Kompeten dan Profesional.”

Muliaman melanjutkan, tujuan dilaksanakannya TICKMI antara lain untuk meningkatkan kompetensi khotib, kualitas dai dalam berdakwah, serta menarik minat umat Islam dalam kegiatan dakwah melalui khutbah Jumat. Peserta pelatihan juga dibekali dengan materi public speaking, adab khutbah, hingga menulis naskah khutbah.

TICKMI Batch 2 diikuti oleh 50 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Peserta yang terpilih dari berbagai latar belakang pendidikan terutama pendidikan agama Islam dan dakwah. 

Baca juga : Relawan Sandi Gelar Pelatihan Sabun Cuci Piring, Fokus Visi Misi Ganjar-Mahfud

“Setelah mengikuti TICKMI, diharapkan para peserta dapat menjadi khotib yang kompeten dan profesional. Mereka diharapkan dapat menyampaikan khutbah yang sesuai dengan rukun dan syaratnya, serta dapat menarik perhatian jamaah,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Cholil Nafis turut berharap, adanya pelatihan ini, materi khutbah yang disampaikan tidak hanya bersifat ukhrowi tapi juga menyentuh aspek keuangan syariah. “Ini kita bisa jadikan jalan untuk meningkatkan literasi umat Islam yang masih rendah terkait ekonomi syariah,” katanya.

Senada, Anggota Dewan Pengawas Syariah BSI sekaligus Pembina dari Yayasan Al Washiyyah  KH Mohamad Hidayat menekankan urgensi pelatihan khotib ini mengingat kebutuhan khotib yang sangat besar di Indonesia. 

Baca juga : Bela Petani, Ganjar Ingin Produksi Tembakau Di Indonesia Meningkat

“Adanya pelatihan ini, diharapkan masjid-masjid di seluruh Indonesia khususnya di pelosok, tidak kekurangan sumber daya khotib yang terdidik, karena, jika ada suatu masjid kekurangan khotib itu dosanya kita juga dapat,” ungkapnya.

BSI Maslahat adalah lembaga Zakat mitra strategis dari BSI yang terdepan, dalam menguatkan ekosistem ekonomi syariah. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.