Dark/Light Mode

BPIP Dan Kementerian PPPA Ajak Perempuan Majukan Indonesia

Senin, 25 Desember 2023 13:07 WIB
Peringatan Hari Ibu yang ke-95. (Foto: Ist)
Peringatan Hari Ibu yang ke-95. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) menggelar acara tasyakuran puncak acara Peringatan Hari Ibu yang ke-95 di Jakarta, Jum'at (22/12).

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga menyampaikan, acara tersebut bukan hanya peringatan semata, tetapi untuk menghargai kontribusi serta perjuangan Perempuan Indonesia yang begitu besar dari masa ke masa.

"Tentu para pejuang khususnya para perempuan pejuang menjadi motivasi kita yang ingin terus mewujudkan cita-cita bangsa," kata Bintang.

Baca juga : Peringati Hari Ibu, Pandawa Lima Rayakan Keberdayaan Perempuan Indonesia

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada BPIP, BRIN serta Organisasi Perempuan di Indonesia yang sudah aktif dan fokus dalam pemberdayaan perempuan dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Presiden Iran Urusan Perempuan dan Keluarga Ensieh Khazali yang akan menandatangani MoU tentang Perlindungan Perempuan dan Anak dan Ketahanan Keluarga dengan Kementerian PPPA. Kementerian PPPA, pada kesempatan tersebut meluncurkan Buku "95 Perempuan Tangguh dan Inspiratif".

"Kami juga telah meluncurkan Buku, untuk mengingat perempuan tangguh dan inspiratif di bidangnya di seluruh pelosok Indonesia", ucapnya.

Baca juga : Kapolri Bicara Keberagaman Hingga Jaga Persatuan-Kesatuan Indonesia

Kementerian PPPA juga memberikan apresiasi kepada sejumlah perempuan Indonesia yang menginspirasi dari berbagai bidang. "Penghargaan ini juga diharapkan dapat memotivasi dan mendorong terintegrasinya isu gender ke dalam penyusunan sebagai kebijakan di tingkat Kementerian dan Daerah," tutupnya.

Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Rima Agristina mengajak, seluruh perempuan Indonesia untuk berperan aktif dalam memajukan Indonesia dengan melaksanakan Pancasila dalam Tindakan. Menurutnya, upaya memajukan Indonesia bisa dilakukan dalam berbagai aspek dengan berlandaskan nilai-nilai Pancasila.

"Pancasila sangat relevan dalam segala perubahan jaman, maka perempuan Indonesia mari terus berjuang untuk membangun bangsa ini," ujarnya saat diwawancara.

Baca juga : Kemenlu dan APJATI Dorong Pekerja Migran Indonesia Ahli dan Profesional

Ia mengajak seluruh perempuan Indonesia untuk menjadi garda terdepan dalam mengarusutamakan nilai-nilai Pancasila. "Perempuan Indonesia jangan takut bersuara menyampaikan kebenaran," paparnya.

Ia juga menyebut Pancasila merupakan warisan dari para pendiri bangsa, maka keteladan, etos kerja, integritas dalam berbangsa dan bernegara harus dijaga dan dilanjutkan. "Peringatan Hari Ibu ke-95 tahun 2023 diharapkan menjadi momentum untuk memotivasi, menginspirasi seluruh perempuan Indonesia supaya lebih berdaya lagi dan tangguh," tutupnya.

Acara tasyakuran di hadiri juga kalangan generasi muda dari unsur Paskibraka binaan BPIP, Forum Anak serta berbagai komunitas remaja.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.