Dark/Light Mode

Jepang Gempa M7.6, Korsel Waspada Tsunami Di Gangneung Dan Pohang

Senin, 1 Januari 2024 16:22 WIB
Peta lokasi gempa M7,6 di Jepang, Senin (1/1/2024). (Foto: Yonhap)
Peta lokasi gempa M7,6 di Jepang, Senin (1/1/2024). (Foto: Yonhap)

RM.id  Rakyat Merdeka - Korea Selatan (Korsel) menerbitkan peringatan kenaikan tinggi permukaan laut di beberapa bagian Laut Timur, Senin (1/1/2024), menyusul gempa besar M7,6 di lepas pantai barat Jepang.

Seperti dikutip Yonhap, Badan Meteorologi Korea (KMA) mengatakan, tsunami Jepang di Ishikawa dan prefektur terdekat yang dipicu gempa besar tersebut, dapat mengakibatkan kenaikan tinggi permukaan laut di lepas pantai timur Korea Selatan.

Baca juga : 331 Pasien RSUD Sumedang Dievakuasi Ke Halaman Gedung Dan Jalan Raya

KMA mengatakan, tsunami dapat mencapai pantai kota timur Gangneung pada pukul 18.29 sore waktu setempat dan kota tenggara Pohang pada pukul 19.17 malam waktu setempat.

KMA memperkirakan ketinggian tsunami berada di bawah 50 cm. Namun, tinggi gelombang bisa meningkat, saat mencapai pantai.

Baca juga : Ratusan Umat Kristiani Di Korsel Rayakan Natal Di Gangnam Seoul

Setelah gempa, Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan tsunami besar untuk Ishikawa. Serta peringatan tsunami level rendah di pantai barat laut pulau Honshu.

 

Baca juga : Jelang Natal, 18 Tersangka Teroris Ditangkap Densus 88

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.