Dark/Light Mode

Dubes Achmad Rizal Purnama: Erdogan Doakan Pemilu Indonesia Lancar

Sabtu, 20 Januari 2024 08:23 WIB
Dubes Achmad Rizal Purnama (kiri) foto bersama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan usai penyerahan Surat Kepercayaan, di Ankara, Turki, Rabu (17/1/2024). (KBRI Ankara)
Dubes Achmad Rizal Purnama (kiri) foto bersama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan usai penyerahan Surat Kepercayaan, di Ankara, Turki, Rabu (17/1/2024). (KBRI Ankara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Indone­sia untuk Turki Achmad Rizal Purnama menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam upacara yang berlangsung di Istana Kepresidenan Turki, Ankara, Rabu (17/1/2024).

Upacara Penyerahan Surat Kepercayaan didahului dengan Upacara Penghormatan oleh Pasukan Khusus Kepresidenan. Selanjutnya, dilakukan pembi­caraan bilateral.

Menurut Dubes Rizal, pada ke­sempatan itu, Presiden Erdogan menekankan peran Indonesia dan Turki dalam isu Palestina.

“Presiden Erdogan memberi­kan perhatian khusus kepada Indonesia, yang terus mengawal isu Palestina di berbagai forum internasional,” terang Dubes Rizal dikutip keterangan tertu­lisnya, Kamis (18/1/2024).

Baca juga : Stafsus Wapres: Pemilu Indonesia Paling Rumit Sedunia

Dalam diskusi yang berlang­sung sekitar setengah jam itu, Presiden Erdogan didampingi Ke­pala Penasihat Kepresidenan Akif Cagatay Kilic dan Kepala Komu­nikasi Nasional Fahrettin Altun, serta Dirjen Asia Pasifik Kemlu Turki Dubes Esra Cankorur.

Sementara itu, Dubes Rizal didampingi Atase Pertahanan KBRI Ankara Kolonel Kav M Amir Aliakbar dan Fungsi Politik I KBRI Ankara Dhanny Perkasa. Pertemuan itu berlangsung hangat.

Menurut Dubes Rizal, Presiden Erdogan terkesan melihat video ketika ia dan Presiden Joko Widodo bergandengan tangan di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Riyadh, Arab Saudi, 11 November 2023.

“Beliau juga terkesan melihat video saat saya mengendarai mo­bil listrik buatan Turki, Togg dan masifnya kunjungan saya ke ber­bagai industri pertahanan di Turki dalam tiga bulan terakhir,” terang Dubes Rizal yang pernah menjadi diplomat di Amerika Serikat.

Baca juga : Mahasiswa Palestina di Unhan Saksikan Pelepasan Kapal RS Indonesia ke Mesir

“Presiden Erdogan juga men­doakan Pemilu Indonesia men­datang berjalan dengan lancar dan sukses. Serta membawa kebaikan dan kemajuan bagi rakyat Indonesia,” imbuhnya.

Saat diskusi, Presiden Er­dogan dan Dubes Rizal juga sepakat untuk segera mencapai beberapa kerja sama.

Yakni target perdagangan bi­lateral 10 miliar dolar AS, pe­nyelesaian negosiasi perjanjian perdagangan bebas kedua negara, perluasan kerja sama industri pertahanan, penguatan kerja sama keamanan dan penanggu­langan terorisme, serta pengem­bangan kerja sama energi.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Erdogan juga berbicara dengan putra Dubes Rizal, Ravi Hilmifuad Purnama, mengenai studi dan aktivitas belajar di Turki.

Baca juga : KPK Telusuri Pejabat Indonesia Yang Terlibat

Dubes Rizal mulai menjalankan tugas di Turki sejak awal September lalu. Rizal yang sebelumnya adalah Kepala Biro Dukungan Strategis Pimpinan, dilantik menjadi Dubes RI un­tuk Turki oleh Presiden Joko Widodo pada 26 Juli 2023.

Usai penyerahan Surat Keper­cayaan pada Presiden Erdogan, Dubes Rizal telah memenuhi selu­ruh tahapan tata krama diplomatik untuk menjalankan tugasnya secara penuh sebagai perwakilan Pemerintah Indonesia di Turki. Se­lamat bertugas Pak Dubes!

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 20/1/2024 dengan judul Erdogan Doakan Pemilu Indonesia Lancar      

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.