Dark/Light Mode

Sidang DK PBB Bahas Palestina Memanas

Lawan Israel, Negara Anggota OKI Walk Out

Jumat, 26 Januari 2024 06:50 WIB
Sidang DK PBB Bahas Palestina Memanas Lawan Israel, Negara Anggota OKI Walk Out

 Sebelumnya 
Sementara, Indonesia dalam pidatonya menyampaikan tiga tuntutan. Pertama, gencatan senjata segera dan permanen di Gaza. Kedua, keanggotaan penuh Palestina di PBB. Ketiga, penghentian aliran senjata ke Israel.

“Israel harus bertanggung jawab atas tindakannya, termasuk kekejaman di Gaza. Tidak ada negara yang kebal hukum,” tegas Retno.

Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Arab Saudi Waleed el-Khereiji juga menyampaikan hal senada. Menurut kantor berita Saudi Press Agency (SPA), Waleed mengecam peminda­han paksa warga Palestina dari Jalur Gaza.

Baca juga : Pendukung Palestina Se-Dunia Turun Ke Jalan

Waleed juga mengaku kesal melihat sikap Israel yang ang­kuh. Dalam forum ini, PBB memperingatkan tentang mem­buruknya situasi di Jalur Gaza.

Dia juga mendesak dewan mengambil langkah nyata untuk menghentikan agresi militer Israel dan pengeboman tanpa pandang bulu terhadap warga sipil tak bersenjata.

“Prioritas utama Saudi ada­lah mengakhiri operasi mili­ter di wilayah Palestina dan mewujudkan perdamaian juga keamanan di kawasan,” tegas­nya, seraya menyerukan semua pihak agar menghormati hukum internasional.

Baca juga : Ukir Sederet Prestasi Membanggakan, PB Pertacami Harap Jadi Anggota KOI

Setidaknya 25.490 orang tewas akibat rentetan serangan Israel di wilayah Jalur Gaza se­jak perang dimulai pada 7 Okto­ber lalu. Menurut otoritas kesehatan Gaza, sekitar 70 persen dari angka tersebut merupakan perempuan dan anak-anak.

Amerika Kecewa

Sementara, sekutu utama Israel, AS mengaku kecewa kare­na Tel Aviv melakukan serangan ke pusat pelatihan PBB di Khan Younis, Gaza Selatan.

“Kami menyesalkan serangan di pusat pelatihan PBB di Kota Khan Younis. Anda pernah dengar saya mengatakan itu. Anda pernah mendengar Menteri Luar Negeri AS mengatakan itu sebelumnya. Warga sipil harus dilindungi dan perlindungan terhadap fasilitas PBB harus dihormati,” ujar Juru Bicara Kemlu AS Vedant Patel kepada awak media, Rabu (24/1/2024). DAY

Baca juga : Salurkan Bantuan Untuk Palestina, Baznas Gandeng Mishr Al-Kheir

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat, 26 Januari 2024 dengan judul "Sidang DK PBB Bahas Palestina Memanas Lawan Israel, Negara Anggota OKI Walk Out"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.