Dark/Light Mode

Eksklusif Dengan Dubes Rusia Untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva

Siapapun Pemenang Pilpres, Bisa Jaga Hubungan RI-Rusia

Rabu, 7 Februari 2024 06:45 WIB
Dubes Rusia Untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva. (Foto: Khairizal Anwar/Rakyat Merdeka/rm.id)
Dubes Rusia Untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva. (Foto: Khairizal Anwar/Rakyat Merdeka/rm.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva, akan mengakhiri masa tugasnya di Indonesia pada akhir Februari ini. Kepulangannya bertepatan dengan perayaan 75 Tahun hubungan Rusia-Indonesia dan Pemilu di Tanah Air.

Selama enam tahun bertugas di Indonesia, Vorobieva ikut menyaksikan hajatan demokrasi, yaitu Pilpres 2019 dan 2024. Hubungan kerja sama kedua negara selama dia menjadi Dubes, juga diklaimnya semakin erat.

Sebagai informasi, Dubes Rusia yang juga merangkap tugas untuk Timor Leste itu, menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo pada 4 April 2018.

Baca juga : Soal Status Bapaknya Di PDIP, Kaesang: Emang Sudah Dipecat?

“Saya harap, siapapun calon presiden yang menang, akan menjaga hubungan baik Indonesia dengan Rusia yang sudah dijalin sejak puluhan tahun dan membangun potensi yang belum digali,” katanya kepada Tim Rakyat Merdeka: Firsty Hestyarini, Muhammad Rusmadi, Mellani Eka Mahayana, Larasati Dyah Utami dan Khairizal Anwar di Jakarta, Kamis, 1 Februari 2024.

Selain ngomongin Pilpres, pada kesempatan itu, Vorobieva juga bercerita mengenai kedekatan Moskow-Jakarta dan pandangannya tentang Indonesia. Berikut ini petikan wawancaranya:

Indonesia bersiap melakukan pemilihan umum, apakah Anda punya calon favorit?

Baca juga : “Kampus Kritik Jokowi” Dilawan Video “Kampus Apresiasi Jokowi”

Saya tidak bisa memberi komentar soal itu. Ini adalah murni pilihan rakyat Indonesia. Saya kenal Pak Prabowo (Subianto) dan Pak Anies (Baswedan). Saya kurang kenal dengan Pak Ganjar.

Tapi, siapapun yang dipilih rakyat Indonesia, tentu kami sangat mendukung dan meneruskan kerja sama sebagai rekan yang baik. Kami sangat menghormati pilihan rakyat Indonesia.

Bagaimana anda melihat antusiasme rakyat Indonesia menjelang pemilu?

Baca juga : Jokowi; KTA Banteng, Hati PSI

Saya juga tidak akan berkomentar soal ini. Karena saya khawatir nanti ada pihak yang menuduh kami mencampuri pemilu Indonesia. Sejauh pengamatan saya, rakyat Indonesia sangat antusias menunggu siapa presiden baru mereka. Ini adalah bukti demokrasi berjalan baik.

Ada pesan khusus kepada pemenang pemilu?

Saya harap siapapun yang nanti menang, akan menjaga hubungan baik dengan Rusia yang sudah dijalin sejak puluhan tahun dan dapat membangun potensi yang belum digali. Saya yakin, harapan serupa juga didoakan rakyat Indonesia untuk pemilu Rusia nanti.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.