Dark/Light Mode

Indonesia Mau Bikin Aplikasi Digital Khusus Pengangguran

Selasa, 6 Februari 2024 07:40 WIB
Tangkapan layar - Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kemenko PMK Nunung Nuryartono dalam diskusi daring Forum Merdeka Barat 9 di Jakarta, Senin (5/2/2024). (ANTARA/Prisca Triferna)
Tangkapan layar - Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial Kemenko PMK Nunung Nuryartono dalam diskusi daring Forum Merdeka Barat 9 di Jakarta, Senin (5/2/2024). (ANTARA/Prisca Triferna)

RM.id  Rakyat Merdeka - Persoalan pengangguran masih belum bisa dituntaskan. Padahal, berbagai program telah diluncurkan untuk menekannya.

Pemerintah berencana membuat aplikasi digital yang isinya adalah data para individu di seluruh Indonesia yang butuh pekerjaan.

Aplikasi digital khusus pengangguran ini adalah usulan yang disampaikan salah satu jurnalis Rakyat Merdeka Fajar El Pradianto dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) ber­tajuk Strategi Perluas Lapangan Kerja yang digelar di Jakarta, Senin (5/2/2024).

Baca juga : Bawaslu Siapkan Strategi Pengawasan Masa Tenang

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Masyara­kat dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menyambut baik usulan tersebut. Selama ini upaya Pemerintah menekan angka pengangguran sudah banyak dilakukan.

Antara lain, dengan Kartu Prakerja yang telah dibuat dan dijalankan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekono­mian.

Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan So­sial Kemenko PMK Nunung Nuryartono menilai, Kartu Prakerja sebagai langkah awal dalam mendata di antaranya data pengangguran di Indonesia.

Baca juga : Rebut Depok Dari PKS!

Butuh pengembangan berba­siskan teknologi untuk memu­dahkan pendataan.

“Menurut kami (ide aplikasi khusus pengangguran) itu sangat memungkinkan. Akan sangat memudahkan,” ujar Nunung menanggapi usulan aplikasi khusus pengangguran di Indo­nesia.

Aplikasi tersebut, nantinya dirancang agar memudahkan Pemerintah dalam pendataan individu dan memonitor tenaga kerja yang belum mendapatkan pekerjaan.

Baca juga : Ganjar-Mahfud Blusukan Lagi

Tujuan utamanya adalah mampu menekan angka pengangguran secara nasional.

Setelah aplikasi tersebut di­luncurkan maka dibutuhkan sosialisasi yang masif. Hingga seluruh pencari kerja wajib mendaftarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.