Dark/Light Mode

PMI Bangun Dapur Umum Untuk Warga Gaza Di El-Arish

Jumat, 9 Februari 2024 13:43 WIB
Dapur Umum PMI untuk warga Gaza. (Foto: PMI)
Dapur Umum PMI untuk warga Gaza. (Foto: PMI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah satu persoalan yang mendera warga Gaza saat ini adalah kelaparan yang merajalela akibat blokade yang dilakukan pasukan Israel terhadap 2.2 Juta warga Gaza. Akibatnya sekitar 800 ribu warga Gaza terutama yang berada di utara terancam meninggal karena kelaparan. 

Dalam upayanya untuk meringankan bencana kelaparan di Gaza, tim kemanusiaan Palang Merah Indonesia (PMI) bersama Tim kemanusiaan Egyptian Red Crescent (Bulan Sabit Mesir) sejak 6 Februari 2024 telah membuka fasilitas dapur umum di El-Arish Mesir yang berbatasan langsung dengan wilayah Rafah Gaza Palestina. 

Baca juga : Ini Yang Harus Dilakukan Untuk Hindari Penipuan Di Dunia Maya

Kepala Markas Pusat PMI, Arifin Muh Hadi mengatakan, pihaknya dan Bulan Sabit Merah Mesir sengaja menjadikan El-Arish sebagai pusat dapur umum karena adanya ketersediaan fasilitas listrik dan juga gas. Nantinya makanan hasil olahan yang dikerjakan di El Arish tersebut  akan didistribusikan ke wilayah Gaza yang bisa ditempuh sekitar 1 jam perjalanan darat.

“Tentunya lebih baik daripada harus membuat dapur umum dalam wilayah Gaza,” ujar Arifin.

Baca juga : PMI Salurkan Bantuan Kemanusiaan untuk Pengungsi Gaza di El Arish

Rencananya fasilitas dapur umum akan dibuka sampai dengan 17 Februari 2024 dan dapat diperpanjang jika keadaan di lapangan masih memungkinkan mengingat konflik antara Hamas dan Pasukan Israel di wilayah Gaza belum menunjukkan tanda-tanda selesai dalam waktu dekat ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.