Dark/Light Mode

Tutup Kecurangan

Timnas AMIN Bangun Dapur Umum Di TPS

Senin, 15 Januari 2024 22:30 WIB
Wakil Kepala Pelatih Timnas AMIN, Tamsil Linrung. Foto: Istimewa
Wakil Kepala Pelatih Timnas AMIN, Tamsil Linrung. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Pemenangan Nasional (Timnas) Anies-Muhaimin (AMIN) bakal mengerahkan kekuatan penuh menutup celah kecurangan pada saat pemungutan dan penghitungan suara di TPS. Salah satunya dengan membuka dapur umum.

Hal itu dilakukan sebagai mitigasi agar konsentrasi para saksi dan petugas di TPS tidak terganggu karena kesulitan mendapatkan makanan.

Hal itu diutarakan Wakil Kepala Pelatih Timnas AMIN, Tamsil Linrung saat memberikan pengarahan dalam Apel Siaga Nasional Relawan Saksi di Hotel Nam Center, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu, (13/1).

"Deputi Saksi dan Pengorganisasian Timnas Amin, akan membangun dapur umum di setiap 10 sampai 20 TPS. Diperkirakan sebanyak 50 ribu dapur umum akan didirikan di seluruh Indonesia," ungkap Tamsil.

Baca juga : Pengurusnya Jadi Tim Sukses, PBNU Banyak Keluarkan Surat Cuti

Menurutnya, dapur umum ini terintegrasi dengan saksi berlapis yang dipersiapkan oleh paslon nomor urut satu Anies-Muhaimin. Dapur umum itu nantinya jadi jantung suplai logistik bagi para saksi AMIN.

Menurut Ketua Deputi Saksi dan Pengorganisasian ini, dapur umum itu bisa juga dimanfaatkan oleh petugas KPPS maupun saksi dari paslon lain.

Keberadaan dapur umum di sekitar TPS merupakan bukti keseriusan Timnas AMIN dalam mewujudkan pilpres yang bersih dan berkualitas.

"Kenapa dapur umum ini sangat diperlukan, supaya saksi-saksi kita ini tidak ada kekhawatiran pada waktu makan siang takut kelaparan. Kita jamin makanan di dapur umum ini. untuk mendukung saksi dan petugas agar terjamin pasokan makanannya sehingga proses di TPS berlangsung efektif," sambung Tamsil.

Baca juga : Kemenag dan Laznas DDII Hadirkan Kampung Zakat di NTT

Tamsil berharap peristiwa banyaknya petugas TPS yang meninggal dunia saat bertugas di pemilu 2019 tidak terulang.

Menurut Tamsil, sejumlah organisasi masyarakat pun menyatakan kesiapannya berpartisipasi untuk mengawal dapur umum.

"Dan teman-teman kita dari Kohati dan Muslimah Relawan Setia Anies-Muhaimin atau MELATI, MELATI ini organisasi Islam yang menghimpun 20 ormas wanita Islam, siap mengawal dapur umum. Dalam perjalannya, akan banyak yang ikut berpartisipasi sebagai bentuk ekspresi dukungan tulus kepada paslon AMIN," imbuhnya.

Dapur umum menjadi penopang kekuatan saksi perlapis yang disiapkan paslon AMIN. Menurutnya, antusiasme masyarakat berpartisipasi memenangkan AMIN sangat tinggi.

Baca juga : Kembangkan Komoditas Sawit, RSI Rangkul Semua Pihak

Baik yang mendaftar bergabung menjadi saksi relawan, maupun petugas dapur umum. Hal itu diharapkan menutup celah kecurangan yang terjadi di TPS sehingga pilpres melahirkan pemimpin yang punya legitimasi kuat.

Anasir kecurangan telah mewarnai proses pilpres. Tamsil tak ingin paslon AMIN kecolongan, dan pilpres melahirkan pemimpin yang tidak legitimate karena proses-proses yang curang. Maka suara rakyat harus di kawal sejak di TPS.

"Hanya dengan kekuatan dan semangat rakyat menjaga suara di TPS, kecurangan akan bisa dicegah," pungkas Tamsil.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.