Dark/Light Mode

TPS Di Kuala Lumpur Dibanjiri Pemilih

Ribuan WNI Di Malaysia Antusias Ikut Mencoblos

Senin, 12 Februari 2024 06:20 WIB
Ribuan WNI yang akan mencoblos untuk Pilpres, memenuhi Gedung World Trade Centre WTC di Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu 11/2/2024. Foto: NSTP/EIZAIRI SHAMSUDIN
Ribuan WNI yang akan mencoblos untuk Pilpres, memenuhi Gedung World Trade Centre WTC di Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu 11/2/2024. Foto: NSTP/EIZAIRI SHAMSUDIN

 Sebelumnya 
Meski pencoblosan berja­lan lancar, media lokal Berita Harian yang memantau pencoblosan di WTC menangkap keluhan pemilih.

Salah seorang pemilih, Agus Priytno (44) tahun, mengatakan, ini kedua kalinya dia memberi­kan suara di Malaysia.

Dia mengatakan, situasi di pusat pemungutan suara WTC ti­dak terkendali, karena ini lokasi yang asing bagi sebagian besar pemilih.

Baca juga : Gisella Anastasia, Bela Pacar Tamara

“Sebelumnya, kami memilih di KBRI dan sebagian besar dari kami sudah tahu ke mana harus pergi, ke mana harus mendaftar dan memilih,” katanya dilan­sir New Straits Times.

Sementara itu, Dede Firman (27) mengatakan, ini pengalaman pertamanya mencoblos di Malaysia, dan dia agak terkejut melihat situasi di WTC.

“Apa yang terjadi di sini cu­kup luar biasa karena kita hanya fokus pada satu tempat pemungutan suara. Di Indonesia, ada lebih banyak lokasi pemungutan suara dan tidak terlalu terkonsen­trasi,” kata pria asal Sumatera ini.

Baca juga : Injury Time Bagi Capres

Sementara, pengecekan Berita Harian menemukan hanya satu jalur yang terbuka di pintu masuk utama WTC. Akibatnya, para pemilih terlihat saling dorong masuk ke tempat tersebut.

Mengomentari keributan tersebut, Chief Executive Officer (CEO) Grup WTC Datuk Seri Dr Irmohizam Ibrahim mengatakan, mereka hanya menyediakan tempat dan mengikuti instruksi yang dikeluarkan pihak kedutaan.

Mengenai hanya satu jalur yang dibuka bagi pemilih untuk masuk ke WTC, telah didis­kusikan dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) beberapa hari lalu dan pihaknya hanya mengikuti apa yang di­minta.

Baca juga : Dimulai Hari Ini, Masa Tenang Datang, Masa Tegang Muncul

“Jika mereka mengantre dan tidak terburu-buru, mereka bisa masuk ke TPS secara bertahap. Namun, kami akan perbaiki agar proses pemungutan suara berjalan lancar,” katanya. DAY

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin, 12 Februari 2024 dengan judul "TPS Di Kuala Lumpur Dibanjiri Pemilih, Ribuan WNI Di Malaysia Antusias Ikut Mencoblos"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.