Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Masyarakat RI Di Portugal Antusias Ikut Pemilu

Senin, 12 Februari 2024 18:18 WIB
Dubes RI untuk Portugal Rudy Alfonso memilih di Pemilu 2024. (Foto: Ist)
Dubes RI untuk Portugal Rudy Alfonso memilih di Pemilu 2024. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masyarakat Indonesia di Portugal telah melaksanakan proses pencoblosan untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dengan lancar dan tertib. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan pesta demokrasi Indonesia, masyarakat Indonesia yang berada di luar negeri juga memiliki hak suara yang sama. Pemilu 2024 di luar negeri diselenggarakan oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN). 

“Saya sangat mengapresiasi antusiasme masyarakat Indonesia di Portugal untuk menyalurkan hak suara mereka. Meskipun beberapa dari masyarakat Indonesia berdomisli jauh dari kota Lisabon, seperti di kota Viseu (300km), Porto (290m), Algarve (250km) dan Figueira da Foz (202km), tidak menghalangi semangat mereka untuk datang secara langsung di TPS-LN Lisabon”, ungkap Ketua PPLN Lisabon, Rachmat Samatimbang.

Baca juga : Ribuan WNI Di Malaysia Antusias Ikut Mencoblos

Lebih lanjut, Rachmat juga mengucapkan terima kasih kepada KBRI Lisabon yang telah mendukung dan memfasilitasi dalam hal penyediaan tempat penyelenggaraan kegiatan di Aula KBRI Lisabon. KBRI Lisabon juga memberikan dukungan berupa pengiriman surat pemberitahuan kepada otoritas Kepolisian di Lisabon sehingga penyelenggaraan Pemilu 2024 di TPS-LN Lisabon mendapatkan pengamanan dari Polícia de Segurança Pública(PSP).

Penyelenggaraan Pemilu 2024 di luar negeri lebih awal dibandingkan penyelenggaraan Pemilu di Indonesia. Di Lisabon, Portugal, hari pencoblosan di TPS-LN dilaksanakan pada Sabtu, 10 Februari 2024. Sementara untuk penghitungan akan dilakukan bersamaan dengan jadwal penghitungan suara di dalam negeri, yaitu pada Rabu, 14 Februari 2024.

Untuk menarik minat masyarakat Indonesia di Portugal untuk hadir ke TPS-LN Lisabon, PPLN Lisabon memberikan souvenir menarik berupa Tas Kanvas kepada 40 Pemilih pertama yang datang di TPS-LN. PPLN Lisabon sangat mengapresiasi partisipasi aktif masyarakat Indonesia di Portugal dalam menyalurkan hak suara mereka untuk menentukan arah masa depan bangsa 5 tahun ke depan.

Baca juga : Bang Zaki Ajak Masyarakat Ciptakan Pemilu Damai

“Siapapun yang terpilih, kita hormati, meskipun berbeda dengan pilihan kita, karena itulah hakikat dari demokrasi” ujar Duta Besar LBBP RI Lisabon untuk Republik Portugal, Rudy Alfonso. 

Dubes Rudy juga mengimbau kepada seluruh Masyarakat Indonesia untuk menggunakan hak suaranya, jangan Golput. Pasalnya, suara rakyat menentukan nasib bangsa Indonesia ke depannya.

Masyarakat Indonesia di luar negeri, khususnya di Portugal menyampaikan terima kasih kepada penyelenggara Pemilu, KPU RI dan PPLN Lisabon, karena telah memberikan kemudahan kepada Pemilu di luar negeri dalam menyalurkan hak suaranya. Pemilih di luar negeri dapat menyalurkan hak suaranya dalam tiga metode, yaitu pengiriman Surat Suara melalui Pos, Kotak Suara Keliling (KSK) dan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Luar Negeri.

Baca juga : GMNI Minta Rakyat Waspadai Provokasi Neolib Jelang Pemilu

“Kepada siapa saja yang nantinya terpilih menjadi Presiden, saya mengharapkan untuk mensejahterakan seluruh warga Indonesia, tidak memandang suku dan agama, karena kita semua warga negara Indonesia yang berdasarkan Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda, tetapi semua menjadi satu tujuan, untuk kesejahteraan dan kemajuan Republik Indonesia,” harapan dari salah seorang masyarakat Indonesia di Portugal, Noor Janah, yang berdomisili di Kota Algarve, Portugal.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.