Dark/Light Mode

Dubes India Shri Sandeep Chakravort Bahas Kerja Sama Pendidikan dan Teknologi Digital dengan PBNU

Kamis, 29 Februari 2024 06:36 WIB
Dubes India Shri Sandeep Chakravorty (kiri) bersama Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf di Gedung PBNU, Jakarta, Senin (26/2/2024). (Foto: PBNU)
Dubes India Shri Sandeep Chakravorty (kiri) bersama Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf di Gedung PBNU, Jakarta, Senin (26/2/2024). (Foto: PBNU)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia, Shri Sandeep Chakravorty bertamu ke Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Jakarta, Senin (26/2/2024). Kunjungan ini demi memperkuat kerja sama kedua negara, khususnya di bidang pendidikan dan teknologi digital.

Dubes Chakravorty diterima Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya), Wakil Ketua Umum (Waketum) PBNU H Amin Said Husni, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PBNU Ahmad Ginanjar Sya’ban dan Wasekjen Mas’ud Saleh.

“Saya berterima kasih kepada Ketua PBNU yang telah menerima saya. Pertemuan itu sangat produktif dan kami berbagi pandangan-pandangan yang dapat mempererat hubungan kedua negara,” ujar Dubes Chakravorty, dikutip dari web PBNU, Selasa (27/2/2024).

Baca juga : Komjen (Purn) Syafruddin Kambo Bahas Kerja Sama Dengan Grand Mufti

Dalam kunjungannya ini, dia mengaku bisa bertukar pikiran mengenai banyak hal dengan tokoh NU, dengan fokus pembicaraan mengenai upaya peningkatan kerja sama di bidang pendidikan, teknologi dan digitalisasi.

“Kami bekerja demi kepentingan nasional dan kami bekerja dengan siapa pun yang percaya pada perdamaian dan keamanan global,” terang Dubes yang pernah bertugas di Peru itu.

“Kami yakin kemajuan Indonesia bisa membuatnya berperan lebih besar di dunia, dan akan memberikan manfaat bagi kita semua,” sambungnya.

Baca juga : Dubes RI Ratu Silvy Gayatri Sepakati Kerja Sama Ekonomi Dengan Finlandia

Dubes Chakravorty juga menekankan pentingnya kerja sama antara kedua negara dalam mencapai tujuan sebagai negara maju. Seperti Indonesia emas pada 2045, sementara Negeri Bollywood itu punya tujuan menjadikan India sebagai negara maju pada 2047. “Itu hanya akan tercapai jika India dan Indonesia bekerja sama,” ujarnya.

Selain itu, ia menekankan, India, Indonesia dan negara-negara di belahan bumi selatan harus memiliki pendirian sendiri dan tidak mudah dipengaruhi negara besar.

“Bersama kita perjuangkan hak suara dan berpendapat agar bisa berkembang sesuai harapan yang kita impikan,” tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.