Dark/Light Mode

Dubes RI Ratu Silvy Gayatri Sepakati Kerja Sama Ekonomi Dengan Finlandia

Kamis, 22 Februari 2024 06:28 WIB
Dubes Ratu Silvy Gayatri (kanan) bersama Menteri Ekonomi Finlandia Wille Rydman di Kementerian Ekonomi Finlandia, Jumat (16/2/2024). (Foto: KBRI Helsinki)
Dubes Ratu Silvy Gayatri (kanan) bersama Menteri Ekonomi Finlandia Wille Rydman di Kementerian Ekonomi Finlandia, Jumat (16/2/2024). (Foto: KBRI Helsinki)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Finlandia Ratu Silvy Gayatri menyepakati kerja sama ekonomi bilateral dengan Menteri Ekonomi Finlandia Wille Rydman. Kesepakatan ini dicapai saat Dubes Silvy melakukan pertemuan di kantor Kementerian Ekonomi Finlandia, Jumat (16/2/2024).

Pertemuan keduanya merupakan tindak lanjut pasca kunjungan delegasi bisnis Finlandia ke Indonesia yang dipimpin Menteri Rydman. Kunjungan delegasi bisnis tersebut dilaksanakan pada akhir Januari 2024 dan dianggap sebagai salah satu kunjungan kerja yang paling produktif. Pasar Indonesia, sebagai ekonomi terbesar di Asia Tenggara, dinilai memiliki potensi besar.

Baca juga : Dubes Jepang untuk Indonesia Masaki Yasushi Serahkan Surat Kepercayaan Ke Jokowi

“Kami menyampaikan apresiasi atas kunjungan delegasi Finlandia ke Indonesia. Kunjungan tersebut yang juga merupakan bagian dari peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Finlandia,” terang Dubes Silvy dalam keterangan persnya, Minggu (18/2/2024).

Dubes Silvy turut mengundang Menteri Rydman untuk hadir pada Indonesia Finland Festival 2024 di Helsinki pada 15-16 Juni mendatang. Acara ini merupakan kegiatan promosi terpadu yang akan diselenggarakan KBRI Helsinki.

Baca juga : RS Malaysia Kerja Sama dengan Mayo Clinic Asal Amerika Serikat

Mengenai kunjungan delegasi bisnis Finlandia ke Tanah Air, mereka terdiri dari 15 perusahaan yang tertarik untuk terlibat dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebagai smart city. Perusahaan perusahaan Finlandia membawa berbagai solusi teknologi seperti inovasi teknologi konektivitas 5G dan 6G dari Nokia, sistem kunci dari Abloy, stasiun pengisian kendaraan baterai dari Virta dan teknologi satelit dari ICEYE untuk pemantauan kawasan hutan.

Rydman juga menyampaikan dukungan untuk membuka akses bagi perusahaan swasta Finlandia guna meningkatkan presensinya di Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.