Dark/Light Mode

Dubes India Untuk Indonesia Sandeep Chakravor Ngarep Persahabatan Kedua Negara Langgeng

Senin, 29 Januari 2024 06:34 WIB
Duta Besar India untuk Indonesia Sandeep Chakravorty (kanan) bersama Wakil Bendahara Umum Partai Golongan Karya, Karan Sukarno Waila dan Menpora Dito Ariotedjo (tengah), dalam acara resepsi diplomatik di Mega Kuningan, Jakarta, Jumat (26/1/2023). (Foto: Larasati Dyah/Rakyat Merdeka/RM.id)
Duta Besar India untuk Indonesia Sandeep Chakravorty (kanan) bersama Wakil Bendahara Umum Partai Golongan Karya, Karan Sukarno Waila dan Menpora Dito Ariotedjo (tengah), dalam acara resepsi diplomatik di Mega Kuningan, Jakarta, Jumat (26/1/2023). (Foto: Larasati Dyah/Rakyat Merdeka/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Resepsi perayaan hubungan diplomatik ke-75 India dan Indonesia di Jakarta berlangsung meriah pada Jumat (26/1/2023) malam. Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia dan Timor Leste, Sandeep Chakravorty berharap, persahabatan kedua negara terus hangat dan langgeng.

Resepsi hubungan diplomatik India dan Indonesia ke-75 diselenggarakan di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta. Ratusan undangan hadir pada acara malam itu. Mulai dari diplomat negara sahabat hingga diaspora India. Sebagai perwakilan Pemerintah, hadir Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo pada acara tersebut.

“Kami sangat bangga merayakan Hari Republik ke-75 dan peringatan 75 tahun hubungan diplomatik kami dengan mitra demokratis lainnya, Indonesia,” kata Dubes Chakravorty, mengawali resepsi.

Baca juga : Kejaksaan Agung Makin Dipercaya Rakyat

Menurutnya, hubungan kedua negara mampu bertahan lama karena memiliki banyak kesamaan. Tak hanya sebagai negara demokratis, Indonesia dan India sama-sama memiliki beragam kebudayaan. Tahun ini, keduanya juga menyelenggarakan Pemilu.

Lebih lanjut Chakravorty mengatakan, Indonesia saat ini merupakan mitra dagang terbe sar India di kawasan ASEAN. Total perdagangan bilateral mencapai hampir 39 miliar dolar AS pada 2022 hingga 2023. Ia bersyukur, meski diterpa banyak tantangan global, hubungan In donesia dan India terus bertahan selama lebih dari tujuh dekade.

“Saya berharap, peringatan 75 tahun ini menjadi momen penegasan kembali persahabatan dan hubungan dekat India dan Indonesia,” imbuh Dubes yang pernah menjadi Konsul Jenderal di New York, Amerika Serikat ini.

Baca juga : Dubes Prancis Untuk Indonesia Fabien Penone Luncurkan Beasiswa Sepak Bola

Pada kesempatan yang sama, Menpora Dito Ariotedjo membeberkan kerja sama perdagangan kedua negara, yang terus meningkat 28,5 persen setelah pandemi Covid-19. Total investasi asing India di Indonesia, sambungnya, meningkat signifikan dalam dua tahun terakhir. Nilai investasi India, dari 107,95 miliar dolar AS pada tahun 2022, naik menjadi 167 miliar dolar AS pada 2023.

Menurut Dito, perkembangan ini harus terus ditingkatkan, guna mencapai hubungan yang lebih erat antara kedua negara. “Kita perlu mempertahankan dan mendorong angka ini lebih tinggi lagi di tahuntahun mendatang,” tandasnya.

Untuk memeriahkan acara, para tamu dihibur pertunjukkan tari klasik tradisional odissi oleh Gunjan Dance Academy dari India. Tak hanya itu, lidah juga dimanjakan dengan berbagai makanan khas India. Ada roti canai, kare hingga gulab jamun, manisan klasik populer di India yang terbuat dari susu padat dan gula.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.