Dark/Light Mode

Jamkrindo Teken Kerja Sama Penjaminan KUR Dengan BCA

Minggu, 28 Januari 2024 18:54 WIB
Jamkrindo melakukan penandatanganan kerja sama penjaminan kredit, dengan dengan PT Bank Central Asia BCA Tbk guna mendukung kemajuan sektor UMKM. (Foto: Dok. Jamkrindo)
Jamkrindo melakukan penandatanganan kerja sama penjaminan kredit, dengan dengan PT Bank Central Asia BCA Tbk guna mendukung kemajuan sektor UMKM. (Foto: Dok. Jamkrindo)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) melakukan penandatanganan kerja sama penjaminan kredit, dengan dengan PT Bank Central Asia (BCA) Tbk guna mendukung kemajuan sektor UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).

Direktur Bisnis Penjaminan Jamkrindo Henry Panjaitan mengatakan, sebagai pioner penjaminan kredit di Indonesia, pihaknya senantiasa mendukung program-program strategis Pemerintah.

Salah satunya, kata Henry, lewat penandatanganan kerja sama yang dilakukan pada Jumat (26/1/2024) lalu.

Hal ini menurut Henry sebagai langkah strategis kedua perusahaan untuk memperluas hubungan secara berkesinambungan.

Baca juga : Bawaslu: Pengawasan Tak Akan Pandang Bulu

Hal ini juga bentuk komitmen perusahaan, untuk terus berfokus terhadap kemajuan sektor UMKM.

"Kami berharap, dukungan dari BCA dalam hal akses ke pembiayaan, kelak bisa menjadi kunci sukses dalam pertumbuhan dan kemajuan ekonomi, serta perkembangan UMKM,” ujar Henry, melalui siaran pers, Minggu (28/1/2024).

Di kesempatan yang sama, Direktur Kelembagaan dan Layanan Jamkrindo Abdul Bari mengaku, pihaknya senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan aksesibilitas finansial UMKM kepada lembaga keuangan.

"Wujud komitmen tersebut, dibuktikan dengan beragam layanan penjaminan yang mempermudah UMKM memperoleh akses pembiayaan kepada lembaga keuangan," ucap Henry.

Baca juga : BCA Sinergi Dengan Jamkrindo Beri Penjaminan KUR Bagi UMKM

Tak hanya itu, pihaknya juga memiliki peran menjembatani UMKM feasible untuk memperoleh akses pembiayaan dengan layanan penjaminan.

“Dengan adanya kerja sama ini, maka UMKM yang memiliki usaha feasible, namun belum bankable dapat terbantu memperoleh kredit untuk meningkatkan kapasitas usahanya,” terangnya.

Sementara itu, Direktur BCA John Kosasih mengungkapkan, kemitraan yang terjalin ini merupakan berkontribusi kedua pihak terhadap perkembangan UMKM dan mengakselerasi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Ia menilai, sektor UMKM memiliki potensi yang sangat besar untuk memajukan perekonomian nasional.

Baca juga : Sekjen Gerindra: Prabowo Menang Satu Putaran, Kader Jangan Sombong

"Karenanya, BCA menawarkan KUR (Kredit Usaha Rakyat) hingga Rp 500 juta dengan suku bunga yang kompetitif, mulai dari 6 persen efektif per tahun," jelas John Kosasih.

Program ini juga menawarkan keuntungan lainnya, seperti bebas biaya administrasi dan provisi. Sehingga, para pelaku UMKM mendapatkan pembiayaan dengan lebih terjangkau.

“Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat terus meningkatkan penyaluran KUR BCA. Sehingga, UMKM Indonesia dapat menghasilkan produk-produk unggulan dan memasarkan produknya, tidak hanya di pasar domestik tetapi juga internasional,” tegasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.