Dark/Light Mode

Pesan Wapres Kepada Diaspora Selandia Baru: Ambil Ilmunya, Jangan Lupa Pulang

Kamis, 29 Februari 2024 22:19 WIB
Wapres KH Maruf Amin menghadiri Dialog Kebangsaan bersama Diaspora di Great Room, Hotel Cordis, Auckland, Selandia Baru, Kamis (29/02/2024). (Foto: BPMI Setwapres)
Wapres KH Maruf Amin menghadiri Dialog Kebangsaan bersama Diaspora di Great Room, Hotel Cordis, Auckland, Selandia Baru, Kamis (29/02/2024). (Foto: BPMI Setwapres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden (Wapres) KH Maruf Amin menyampaikan sejumlah wejangan kepada Diaspora Indonesia di Selandia Baru. Wapres meminta agar diaspora yang merupakan pelajar atau mahasiswa belajar sebaik-baiknya. Ambil semua ilmu di Selandia Baru, bawa pulang untuk kemajuan Indonesia. 

“Saya pesan jangan lupa balik ke Tanah Air, paling tidak hatinya,” kata Kiai Maruf saat memberikan sambutan Dialog Kebangsaan di the Great Room, Hotel Cordis, Auckland, Selandia Baru, Kamis (29/02/2024). 

Kiai Maruf mengaku bangga melihat diaspora Indonesia di Selandia Baru tampak semangat dan kreatif. Dalam acara itu, Kiai Maruf disuguhkan dengan penampilan angklung yang mengiringi lagu daerah Suku Maori "Pokarekare Ana" dan tarian adat Papua Isosol.

Wapres berharap, keberadaan Diaspora Indonesia di Selandia Baru dapat berkontribusi positif terhadap pembangunan Tanah Air. 

Baca juga : Pemilu Indonesia Sukses, PM Selandia Baru Ucapkan Selamat

“Saya melihat ada peluang bagi WNI atau Diaspora Indonesia di Selandia Baru untuk berpartisipasi dalam upaya (pengembangan industri halal) tersebut. Silahkan manfaatkan KBRI untuk fasilitasi langkah tersebut,” imbau Wapres.

“Saya kira ini kesempatan dari Selandia Baru ke Indonesia, dari Indonesia ke Selandia Baru untuk meningkatkan perdagangan ke depan,” tambahnya.

Lebih lanjut Wapres mengingatkan agar para diaspora tetap menjaga nama baik bangsa dan keluhuran budaya serta menunjukkan keramahan khas Indonesia. “Pokoknya jangan bikin ulah. Jangan bikin ribut di negeri orang, ya,” pesannya.

Selain itu, Wapres meminta agar diaspora yang merupakan pelajar atau mahasiswa dapat terus menjaga semangat belajar dan etos intelektual. 

Baca juga : Temui Wapres, AHY Lapor Dan Mohon Wejangan Soal Pertanahan

“Ilmu di sini pokoknya kalian ambil, jangan disisakan. Ambil semuanya di Selandia Baru juga bawa pulang untuk kemajuan Indonesia. Supaya jadi negara terbaik, mampu bersaing di kancah global,” ujar Wapres memberikan arahan.

Terakhir, Wapres menitipkan pesan kepada perwakilan Pemerintah Indonesia di Selandia Baru, agar setiap WNI dapat memperoleh akses terhadap perlindungan dan pelayanan konsuler yang sama.

“Saya minta Bu Dubes fasilitasi akses perlindungan. Saya sampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas perannya memberi jaminan perlindungan atas WNI di Selandia Baru,” pintanya.

Mengakhiri sambutannya, Wapres meminta segenap diaspora untuk menyanyikan lagi “Padamu Negeri” seraya menghayati keberadaan mereka di negeri ini, tidak lain adalah untuk berbakti kepada Ibu Pertiwi.

Baca juga : Semoga Makin Banyak Anak Jakarta Hobi Baca

“Di akhir, saya minta nanti kita bernyanyi bersama untuk mengenang dan menjiwai lagi ‘Padamu Negeri. Saya minta semua diaspora harus hapal Padamu Negeri. Itu arti pengabdian kita kepada bangsa dan negara,” pungkas Wapres.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.