Dark/Light Mode

Perpustakaan Dipoles Jadi Cantik Dan Atraktif

Semoga Makin Banyak Anak Jakarta Hobi Baca

Sabtu, 17 Februari 2024 06:50 WIB
Kepala Dinas Dispusip DKI Jakarta Firmansyah. (Foto: Istimewa)
Kepala Dinas Dispusip DKI Jakarta Firmansyah. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta membuat perpustakaan menjadi lebih menarik dan atraktif. Hal ini dilakukan untuk mengenjot minat baca warga, khususnya anak-anak.

Karena itu, Dispusip DKI Ja­karta menggelar pembinaan bagi para pengelola perpustakaan Ru­ang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) berupa pengembangan kompetensi. 120 orang pengelo­la perpustakaan dari 60 RPTRA menerima penjelasan mengenai tata cara dan pemenuhan bukti dukung dalam melakukan akre­ditasi perpustakaan bagi masing-masing RPTRA.

Para peserta juga dikenalkan lebih dalam mengenai aplikasi bernama INLISLite, sebuah sistem otomasi perpustakaan yang dikembangkan oleh Per­pustakaan Nasional Republik Indonesia untuk mempermudah proses pencatatan koleksi bahan baca terstandar.

Baca juga : Manchester City Vs Chelsea, Upaya The Citizens Kudeta Si Merah

Kepala Dinas Dispusip DKI Jakarta Firmansyah mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya peningkatan efisiensi pengelolaan dan kualitas layanan dari Per­pustakaan RPTRA di wilayah DKI Jakarta.

“Pelatihan ini penting kare­na sejalan dengan semangat Indonesia Maju tahun 2045 dan Jakarta yang baru sebagai Kota Global,” kata Firmansyah dalam keterangannya, Rabu (14/2/2024).

Dia menjelaskan, pengelola Perpustakaan RPTRA adalah garda terdepan menciptakan generasi unggul. Dengan layan­an perpustakaan yang berkuali­tas, anak-anak yang belajar dan berkembang melalui per­pustakaan RPTRA akan tumbuh menjadi manusia unggul dalam 20 tahun mendatang.

Baca juga : Lolos Ke Semifinal BATC 2024, Garuda Pertiwi Sikat Malaysia

Firmansyah mengatakan, melihat potensi yang ada pada pengelola Perpustakaan RP­TRA, Dispusip DKI Jakarta juga akan melakukan pelatihan dalam keahlian lain, seperti pelatihan mendongeng dan membaca nyaring.

“Harapannya, agar pengelola Perpustakaan RPTRA bisa me­miliki kompetensi dalam men­ciptakan aktivitas literasi yang menarik dan bermanfaat bagi masyarakat di sekitar RPTRA, terutama anak-anak,” harapnya.

Perpustakaan RPTRA hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan ketersediaan bahan bacaan yang mudah dijangkau, lengkap serta berkualitas. Untuk itu, Dispusip DKI Jakarta ter­buka jika ada pihak yang ingin mendonasikan buku.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.