Dark/Light Mode

Mahasiswa Pergi-Pulang Ke Kampus Naik Pesawat

Sabtu, 2 Maret 2024 06:04 WIB
Tim Chen, mahasiswa British Colombia, Vancouver, Kanada. Foto: CTV NEWS
Tim Chen, mahasiswa British Colombia, Vancouver, Kanada. Foto: CTV NEWS

RM.id  Rakyat Merdeka - Kebanyakan mahasiswa ke kampus pakai mobil atau motor, tapi Tim Chen berbeda. Mahasiswa British Colombia di Kanada itu, lebih memilih naik pesawat. Alasannya, un­tuk menghemat pengeluaran.

Kok bisa ya? Dilansir CTV News, Chen bercerita soal pilihan kendaraan tak biasa itu untuk berkuliah. Chen mengatakan, ia tinggal di Calgary. Sedangkan lokasi kampusnya di Vancouver. Jaraknya hampir 1.000 kilometer (km).

Baca juga : Hasil Liga Italia: Inter Milan Dan Napoli Pesta Gol

Berdasarkan hitungan­nya, naik pesawat ke kampus ternyata lebih murah dibanding ngekos dekat universitas. Ia harus membayar 2.500 do­lar AS (sekitar Rp 39 jutaan) untuk menyewa tempat ting­gal. Sedangkan ongkos naik pesawat satu kali 150 dolar AS. Chen juga tidak harus datang ke kampus setiap hari. Ia hanya perlu hadir di kelas dua kali dalam seminggu. Karena itu, ongkosnya dengan pesawat hanya 1.200 dolar AS (sekitar 19 juta).

“Ketika saya mencek harganya, jadi kepikiran lebih baik saya tetap tinggal di Calgary dan terbang saja ka­lau mau ke kampus. Per­jalanan hanya satu jam saja seperti naik bus,” ujarnya dilansir CNN.

Baca juga : 20 Mahasiswa Unkris Magang di Kantor Jasa Penilai Publik K-Appraisal

“Total saya belajar di kelas hanya tiga jam. Setelah kelas, saya ke bandara,” ujarnya.

Chen berencana tetap ter­bang dari rumah ke kampus sampai ia lulus. Sejauh ini, Chen menyukai cara tersebut karena memberinya lebih banyak waktu untuk fokus bela­jar di pesawat dan di rumah.

Baca juga : Mabuk, Penumpang Ngamuk Di Pesawat

Biaya sewa tempat tinggal di Kanada memang mahal. Sejumlah pemberitaan me­nyebut, beberapa mahasiswa University of British Colum­bia bahkan memilih tinggal di mobil van karena tidak mampu bayar sewa. LDU

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 10, edisi Sabtu, 02 Maret 2024 dengan judul "Mahasiswa Pergi-Pulang Ke Kampus Naik Pesawat"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.