Dark/Light Mode

Dubes Esti Unjuk Kemampuan Tari di Resepsi 70 Tahun Hubungan Indonesia-Italia

Rabu, 30 Oktober 2019 12:09 WIB
Dubes Esti Andayani (dress hitam) menari bersama di perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Italia. (Foto: KBRI Roma)
Dubes Esti Andayani (dress hitam) menari bersama di perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Italia. (Foto: KBRI Roma)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Italia oleh Kedutaan Besar Indonesia di Roma, Senin (28/10), berlangsung meriah.

Gedung Teatro Argentina nampak dipenuhi para tamu yang terdiri dari para pejabat Italia, korps diplomatik, pengusaha dan tokoh terkemuka setempat, akademisi dan masyarakat Indonesia.

Mereka antusias mengikuti rangkaian acara resepsi maupun pertunjukan di gedung teater bersejarah nan megah bergaya klasik yang dibangun pada 1732.

Duta Besar Indonesia untuk Italia Esti Andayani memberi kejutan dengan mrnampilkan tarian 'Golek Putri' sebagai pertunjukan pembuka. Para haditin pun terpukau dengan sajian tari klasik dari Yogyakarta yang mengisahkan putri keraton yang bersolek untuk mempersiapkan diri menjelang momen yang spesial.

Baca juga : Indonesia-Myanmar Rayakan 70 Tahun Hubungan Diplomatik

Dalam pertunjukan berdurasi sekitar 75 menit ini juga ditampilkan tari 'Lenggang Kipas' dari Jakarta, tari 'Pangkur Sagu' dari Papua, tari 'Naikonos Larik' dari NTT, tari 'Mitreka Bawana' dari Sulawesi Tenggara dan pertunjukan musik oleh trio Ifan Hardiknas Pah (sasando), Mia Ismi (violin, vokal) dan Kiel Dharmawel (gendang melayu).

Penonton menikmati sajian seni yang disuguhkan Tim KBRI Roma, Senin (28/10). (Foto: KBRI Roma)

Para penari dan musisi tersebut bergabung dalam grup seni Artina dari Jakarta, pimpinan Haryati Abelam dengan Nungki Kusumastuti selaku direktur artistik.

Para warga Italia juga ikut memeriahkan suasana dengan penampilan gamelan bali grup Puspa Sari 2.0 binaan KBRI Roma, yang dipimpin Giovanni Giuriati dan grup pencak silat Garuda Academy Roma, pimpinan Simone Mondello.

Pertunjukan dipandu oleh duet MC diaspora Indonesia Sean Silla dan Pinkan Mulia. Para penonton kagum menyaksikan pertunjukan yang dikemas apik dalam konsep East meets West (pertemuan budaya timur dan barat) ini.

Baca juga : Kemenpora Harap Raja Oktohari Bisa Tingkatkan Prestasi Olahraga Indonesia

Kejutan kembali hadir di penghujung acara, saat Duta Besar Esti Andayani berdansa dengan Alessio Specolizzi dengan irama waltz, rumba dan salsa. Para penonton pun ikut bergoyang saat tarian Mitreka Bawana kembali dibawakan secara interaktif bersama seluruh pengisi acara sebagai acara penutup.

Dalam sambutannya, Dubes Esti Andayani menyampaikan bahwa 70 Tahun Hubungan Diplomatik RI - Italia merupakan momentum istimewa untuk dirayakan sekaligus memperkuat kerja sama di berbagai bidang di masa depan.

"Masih luas terbuka peluang untuk kerja sama kedua negara di bidang ekonomi dan perdagangan, juga pembangunan berkelanjutan, energi, maritim, infrastruktur hingga ekonomi kreatif, dialog antar-keyakinan dan seni budaya," ujar Dubes Esti seperti disampaikan dalam rilis pers KBRI Roma, Selasa (29/10).

Sementara itu, Wakil Menteri Luar Negeri Italia, Manlio di Stefano dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada Pemerintah dan masyarakat Indonesia serta harapan untuk peningkatan kerja sama kedua negara dalam berbagai bidang.

Baca juga : Pengusaha Ethiopia akan Hadiri Trade Expo Indonesia

Resepsi diplomatik menyajikan kuliner Italia maupun kue dan jajanan pasar khas Indonesia diantaranya lumpia, bakwan, panada, martabak telur, bika ambon, onde-onde dan lapis legit.

Hadirin juga menikmati sajian buah-buahan tropis nan eksotis seperti mangga arummanis, mangga gedong gincu, mangga alpukat, nanas, dan manggis yang didatangkan langsung dari Indonesia, atas kerja sama KBRI Roma dengan Kementerian Pertanian, PT DKS dan San Fresh.

Resepsi mempromosikan produk kopi single origin Indonesia, "Supresso" yang diproduksi oleh Indraco Group, penghasil kopi berkualitas tinggi sejak 1971. Hal ini juga merupakan salah satu upaya mempromosikan produk-produk Indonesia yang bernilai tinggi pada pasar Italia. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.