Dark/Light Mode

Seniman Ngebet Nikahi Hologram

Rabu, 6 Maret 2024 06:35 WIB
Alicia Framis kiri berpose dengan calon suami hologram AI-nya yang bernama AILex.
Alicia Framis kiri berpose dengan calon suami hologram AI-nya yang bernama AILex.

RM.id  Rakyat Merdeka - Dunia semakin aneh. Alih-alih menikah dengan pria nyata, seorang seniman spanyol lebih memilih menikah dengan hologram kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Seniman Spanyol tersebut bernama Alicia Framis, wanita berusia 57 tahun. Dia kini sedang mempersiapkan pernikahannya denganAILex, hologram yang dihasilkan dengan bantuan AI. Jika terlaksana, Framis akan menjadi wanita pertama yang menikah dengan hologram AI.

Pernikahan Framis dan AILex akan digelar secara akbar di Rotterdam, Belanda, antara Juni hingga September mendatang. Tepatnya, di Museum Depot Boijmans Van Beuningen di Rotterdam.

Baca juga : Tanpa CR7, Portugal Bisa Juara

Fremis mengatakan, ini adalah bagian dari proyek Framis “The Hybrid Couple.”

“Saya ingin mengeksplorasi bagaimana AI dengan seni dapat mengurangi rasa kesepian pada manusia,” kata Framis, dilansir situs web interesting engineering.

Framis membuat AILex dari profil hubungan masa lalunya. Dia menggunakan teknik sinar laser dan interferensi dua sinar untuk membuat gambar 3D.

Baca juga : Haley Ungkit Kasus Pelecehan Seksual

Wanita asal Negeri Matador itu berupaya menggabungkan sains dan seni. Meskipun aneh, Framis berdalih idenya ini untuk membantu orang yang kesepian.

Dia berharap dapat membantu seseorang membina hubungan romansa yang diinginkan. Seperti membantu individu menghadapi penyakit, kecacatan, kesenjangan gender, atau peristiwa traumatis.

Framis telah bereksperimen dengan kesepian dan keintiman melalui riset selama 25 tahun. Pada 1995, dia pernah memiliki boneka manekin sebagai pendampingnya.

Baca juga : Windy Idol Jadi Tersangka Kasus Pidana Pencucian Uang

“Bayangkan memiliki pasangan yang selalu ada untuk Anda, sebuah hubungan yang memerangi kesepian di perkotaan,” katanya.

Menurutnya, tren romansa dengan AI, saat ini sedang meningkat secara global. Banyak individu beralih ke chatbots untuk menjalin persahabatan dan mendapat dukungan emosional dari program AI. LDU

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 14, edisi Rabu, 06 Maret 2024 dengan judul "Seniman Ngebet Nikahi Hologram"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.