Dark/Light Mode

Kalau Jadi Dibentuk, Hak Angket Akan Soroti Suara PSI

Selasa, 5 Maret 2024 08:00 WIB
Ketua DPP PPP, Muhammad Romahurmuziy saat menjadi narasumber podcast ngegas di Rakyat Merdeka Jakarta, Rabu (1/11/2023). (Foto: Zia Husnul Labib/Magang RM)
Ketua DPP PPP, Muhammad Romahurmuziy saat menjadi narasumber podcast ngegas di Rakyat Merdeka Jakarta, Rabu (1/11/2023). (Foto: Zia Husnul Labib/Magang RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lonjakan fantastis suara PSI versi Sirekap KPU mengagetkan warga dunia nyata hingga dunia maya. Di dunia maya, banyak warganet yang menaruh curiga. Sementara di dunia nyata, parpol pendukung Paslon 01 dan 03 ancam soroti suara PSI bila hak angket jadi dibentuk.

Ancaman untuk menjadikan suara PSI bagian dari penyelidikan hak angket disampaikan Ketua Majelis Tinggi PPP Muhammad Romahurmuziy. Sebagai pendukung hak angket, lanjut dia, PPP akan menindaklanjuti dugaan penggelembungan suara PSI itu dalam materi hak angket.

“Kalau ini tidak dikoreksi, DPP PPP akan meminta hal ini bagian yang termasuk dibongkar seterang-terangnya di hak angket pekan ini,” kata politisi yang akrab disapa Gus Romi itu, dalam keterangannya, Senin (4/3/2024).

Baca juga : Ambang Batas Parlemen 4 Persen,Turunin Apa Hapus Sekalian?

Romi mengklaim telah mendengar kabar adanya upaya dari penguasa untuk meloloskan partai besutan Kaesang Pangarep itu. Salah satu caranya dengan memerintahkan aparat dan menarget penyelenggara Pemilu di daerah agar PSI memperoleh 50 ribu suara di setiap kabupaten/kota di Pulau Jawa.

“PPP akan mendesak pemanggilan seluruh aparat negara yang terlibat, mulai dari KPPS, PPS, PPK, KPUD, dan KPU, serta Bawaslu, dan seluruh perangkatnya,” tegas Romi.

Menurutnya, laporan kecurangan Pemilu memang ranah Bawaslu. Namun, secara politik DPR juga memiliki hak untuk menyelidiki indikasi kecurangan, utamanya penggelembungan suara untuk PSI.

Baca juga : Harga Beras Mahal Bikin Kantong Jebol

“PPP juga menyerukan secara terbuka kepada para penyelenggara Pemilu, khususnya KPU di semua tingkatan, untuk segera menghentikan operasi senyap ini, dan dalam 1x24 jam mengembalikan input perolehan suara PSI ke angka sebenarnya,” desak mantan ketua umum PPP itu.

Lebih jauh, Romi mendengar dua modus untuk meloloskan PSI dari ambang batas Parlemen empat persen. Pertama, memindahkan suara partai yang jauh dari ambang batas Parlemen ke PSI. Kedua, memindahkan suara tidak sah menjadi coblos gambar partai pimpinan putra bungsu Presiden Jokowi tersebut.

“Perlu diingat, setiap tindakan memanipulasi hasil Pemilu mengandung delik pidana Pemilu. Dan melindungi setiap satu suara rakyat adalah sama dengan mengawal kelurusan demokrasi di Indonesia,” terang politisi parpol pengusung Ganjar Pranowo-Mahfud MD itu.

Baca juga : Bayern Munchen Vs Lazio, Lolos Harga Mati

Bukan cuma PPP yang mengancam akan membawa kejanggalan ini sebagai materi hak angket. PKS juga berencana membuka seluruh dugaan kecurangan Pemilu dalam hak angket. Termasuk, lonjakan suara PSI secara tiba-tiba.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua Majelis Syura PKS, Hidayat Nur Wahid. Kata dia, keseluruhan dugaan kecurangan Pemilu bakal dibuka dalam panitia khusus (pansus) hak angket jika resmi bergulir di DPR.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.