Dark/Light Mode

Orangtua Panjat Tembok, Kasih Contekan Ke Anak

Kamis, 14 Maret 2024 06:35 WIB
Inilah para orangtua yang memanjat tembok gedung Sekolah Chandrawati, di distrik Nuh Haryana, India. ODDITY CENTRAL
Inilah para orangtua yang memanjat tembok gedung Sekolah Chandrawati, di distrik Nuh Haryana, India. ODDITY CENTRAL

RM.id  Rakyat Merdeka - Para orang tua siswa di salah satu sekolah di India ini rela memanjat dinding gedung sekolah, demi memberikan contekan kepada anak-anak mereka saat ujian. Peristiwa tahunan ini menjadi skandal kecurangan besar-besaran yang terjadi di Negeri Bollywood itu.

Sebuah cuplikan video yang disebut berlokasi di Sekolah Chandrawati di Distrik Nuh Haryana, India memperlihatkan sekumpulan orang sedang berusaha keras memanjat dinding belakang sekolah yang tinggi. Mereka merupakan orangtua maupun kerabat siswa Kelas 10 yang sedang mengikuti ujian. Mereka melakukan hal berbahaya itu untuk memberikan lembar contekan kepada anak-anaknya.

Baca juga : Mau Lanjut Sampai Pilkada, Koalisi Perubahan Berusaha Setia

Meskipun ada bukti kecurangan, pihak sekolah mengklaim video tersebut hanya menunjukkan upaya menyontek. Mereka juga mengklaim bahwa pihak keamanan berhasil mencegah campur tangan pihak luar selama ujian.

“Tidak ada kecurangan yang terjadi dan siswa mengerjakan ujiannya dengan benar. Polisi berpatroli di area tersebut, dan petugas ditempatkan di berbagai sudut kampus,” kata Kepala Sekolah Chandrawati, Nidhi Rohilla dilansir India Times.

Baca juga : Tenis Qatar Terbuka, Swiatek Cetak Hattrick

Keterangan kepala sekolah itu disanggah mantan siswanya, sebagaimana dikutip India Express. Menurutnya, kecurangan semacam ini merupakan skandal tahunan di sekolah tersebut. Petugas keamanan saat ujian hanya sekadar formalitas.

“Ini peristiwa tahunan, dan saya telah menyaksikannya. Meskipun polisi melakukan kunjungan, itu hanya formalitas,” kata mantan siswa itu kepada Indian Express.

Baca juga : Menang Quick Count, Prabowo Sowan dan Terima Kasih ke SBY: Sekali Senior Tetap Senior

Siswa kelas 10 yang tidak disebut namanya, juga membenarkan aksi pemberian contekan itu. “Ini merupakan kegiatan rutin. Siswa melemparkan soal ujian keluar ruangan, lalu orangtua membantu mencari jawabannya. Kebanyakan guru tidak memprotes,” terang seorang siswa Kelas 10 membenarkan. LDU

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 14, edisi Kamis, 14 Maret 2024 dengan judul "Orangtua Panjat Tembok ,Kasih Contekan Ke Anak"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.