Dark/Light Mode

Indonesia Berangkatkan 773 Atlet di SEA Games Filipina

Selasa, 22 Oktober 2019 19:38 WIB
Sesmenpora Gatot S Dewa Broto (paling kanan) dan Asdep Prestasi Olahraga Kemenpora, Arsani (tengah) saat rapat persiapan SEA Games 2019. (Foto : Kemenpora)
Sesmenpora Gatot S Dewa Broto (paling kanan) dan Asdep Prestasi Olahraga Kemenpora, Arsani (tengah) saat rapat persiapan SEA Games 2019. (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia dipastikan akan mengirimkan 773 atlet pada event SEA Games Filipina yang berlangsung 30 November-11 Desember 2019.  Atlet Indonesia akan mengikuti 49 dari 56 cabor di 392 nomor yang akan dipertandingkan. 

Hal itu disampaikan Sesmenpora Gatot S Dewa Broto saat memimpin rapat teknis persiapan pemberangkatan Kontingen SEA Games Indonesia, di Ruang Rapat Besar Lantai 3 PPITKON, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (22/10) siang.

Dijelaskan Sesmenpora, Kemenpora akan mendukung dalam pengiriman kontingen. Harapannya para pahlawan olahraga Indonesia dapat bememenuhi target yang diharapkan.

Baca juga : Belanda-Indonesia Teken 9 MoU di TEI 2019

"Kalau di SEA Games Kuala Lumpur yang lalu kita pada peringkat lima, harapan kita untuk SEA Games Manila kali ini akan memperoleh peringkat yang lebih baik," kata Sesmenpora.

Dukungan yang penting lagi adalah mengenai anggaran. Baik Kemenpora, KOI, dan CdM, dijelaskan Gatot sudah saling memahami kondisi masing-masing. Sampai saat ini, katanya, memang masih ada angka selisih kekurangan dari jumlah yang diusulkan Kemenpora. 

"Kami  tidak mempertentangkan mengenai anggaran. Mengenai angka anggaran Rp 64 miliar yang diusulkan dengan ketersediaan di Kemenpora saat ini Rp 47 miliar, sudah saya perintahkan kepada jajaran untuk terus mengupayakan sehingga dalam waktu dekat insyaallah selisih tersebut dapat diperkecil," tambahnya.

Baca juga : Atlet Tenis Meja Indonesia Berjaya Di Para Finland Open 2019

Sementara Chief de Mission (CdM) SEA Games 2019 Indonesia Harry Warganegara mengatakan sementara ini masih memetakan hasil yang diharapkan. 

"Apa yang kita sajikan hari ini akan terus kita kaji, semoga dalam waktu dekat dapat disampaikan berbasis data, sehingga dapat diketahui secara pasti capaian target yang kita harapkan," ujar CdM.

Sebagai informasi untuk publikasi kepada masyarakat dan menfasilitasi para jurnalis yang tidak bisa semua berangkat ke Manila, akan dibuat Sekretariat SEA Games desk Jakarta yang akan berfungsi sebagai miniatur apa yang berlangsung di Filipina khususnya perjuangan para atlet Indonesia. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.