Dark/Light Mode

Demi Kalahkan Trump Di Pilpres

Obama Dan Clinton Turun Gunung Bantu Joe Biden

Sabtu, 30 Maret 2024 07:00 WIB
Presiden AS Joe Biden (tengah), mantan Presiden AS Barack Obama (kiri) dan Bill Clinton, tampil bersama dalam acara penggalangan dana kampanye di Radio City Music Hall, New York, Amerika Serikat, 28 Maret 2024. (Foto: REUTERS/ELIZABETH FRANTZ)
Presiden AS Joe Biden (tengah), mantan Presiden AS Barack Obama (kiri) dan Bill Clinton, tampil bersama dalam acara penggalangan dana kampanye di Radio City Music Hall, New York, Amerika Serikat, 28 Maret 2024. (Foto: REUTERS/ELIZABETH FRANTZ)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengumpulkan bala bantuan untuk menghadapi Donald Trump dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 5 November 2024. Kali ini, Presiden ke-42 AS Bill Clinton dan Presiden ke-44, Barack Obama, turun gunung untuk membantu Biden.

Dua mantan Presiden AS ini bergabung di satu panggung bersama Biden saat malam penggalangan dana di Radio City Music Hall, New York, Kamis (28/3/2024) malam. Ketiganya berhasil mengumpulkan dana kampanye lebih dari 25 juta dolar AS atau sekitar Rp 397 miliar.

Baca juga : Payah, Proyek Pengendali Banjir Di DKI Nggak Serius

Dengan demikian, Biden dan Partai Demokrat makin memperlebar keunggulan dana mereka dibandingkan Trump dan Partai Republik. Apalagi sejak Super Tuesday, kampanye Biden telah menghabiskan hampir empat kali lipat pengeluaran tim Trump untuk iklan kampanye.

Pada pertengahan Maret, tim kampanye Biden dan Komite Nasional Partai Demokrat mengumpulkan dana sebesar 155 juta dolar AS (Rp 2,5 triliun). Sementara kampanye Trump dan Komite Nasional Partai Republik mengakhiri bulan Februari dengan dana 44,85 juta dolar AS (Rp 712 miliar).

Baca juga : Hidayat Nur Wahid: KPK Perlu Terjunkan Orang-orang Terbaik

“Pengumpulan dana bersejarah ini menunjukkan antusiasme yang kuat terhadap Biden dan (Wapres Kamala Harris), serta bukti bahwa kita memiliki mesin penggalangan dana yang belum pernah kita duga sebelumnya,” ujar Ketua Tim Kampanye Biden-Harris 2024 Jeffrey Katzenberg dikutip Wall Stret Journal, Jumat (29/3/2024).

Namun, penggalangan dana tersebut diselingi beberapa protes. Para hadirin pada beberapa kesempatan berteriak selama diskusi berlangsung, merujuk pada dukungan Biden kepada Israel dalam perang Hamas yang telah menewaskan lebih dari 30.000 orang di Gaza.

Baca juga : Setan Merah Belum Kapok Buru Tiket Eropa

“Memalukan, Joe Biden!” teriak seorang peserta.

Obama dan Clinton menawarkan perspektif kepresidenan mengenai krisis Gaza yang menekankan realitas politik di Gedung Putih.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.