Dark/Light Mode

Habis Ketemu Jinping, Prabowo Sowan Ke Kishida Di Tokyo, Ini Yang Dibahas

Rabu, 3 April 2024 20:32 WIB
Presiden terpilih Prabowo Subianto bertemu dengan PM Jepang Fumio Kishida, di Tokyo, Rabu (3/4/2024). (Foto: AP)
Presiden terpilih Prabowo Subianto bertemu dengan PM Jepang Fumio Kishida, di Tokyo, Rabu (3/4/2024). (Foto: AP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden terpilih Prabowo Subianto menggelar pertemuan dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida, di Tokyo, Rabu (3/4/2024). Dalam pertemuan itu, Prabowo menegaskan tekadnya untuk semakin memperkuat hubungan dengan Jepang. 

Prabowo yang saat ini menjabat Menteri Pertahanan mengatakan, Indonesia dan Jepang adalah teman lama yang telah membangun hubungan kerja sama.

“Saya berharap untuk lebih memperkuat hubungan ini,” kata Prabowo, seperti dikutip Associated Press (AP), Rabu (3/4/2024).

Kishida menyambut kunjungan Prabowo ke Tokyo. Kepada wartawan, Kishida mengatakan kedua negara adalah sahabat lama yang berbagi nilai dan prinsip dasar. 

Baca juga : Ketum Solmet Menghadap Jokowi, Ini Yang Dibahas

Ia berharap Jepang dan Indonesia lebih memperkuat kerja sama dalam masalah regional dan global sebagai "mitra komprehensif dan strategis."

Kishida mengatakan Jepang berharap dapat berkontribusi pada pembangunan Indonesia di berbagai bidang termasuk infrastruktur dan energi, sambil meningkatkan kerja sama dalam keamanan dan pertahanan.

Belakangan, Jepang terus mengintensifkan hubungan dengan negara-negara Asia Tenggara, terutama dalam keamanan dan pertahanan maritim, dalam menghadapi kehadiran militer China yang semakin tegas. 

Pertemuan Kishida dengan Prabowo hanya seminggu sebelum pemimpin Jepang akan melakukan perjalanan ke Washington untuk pertemuan puncak dengan AS. Presiden Joe Biden, dan pembicaraan tiga arah yang juga akan mencakup Presiden Filipina Ferdinand Marcos Jr, di mana para pemimpin diharapkan untuk membahas lebih lanjut memperkuat hubungan keamanan.

Baca juga : Jokowi Dan Prabowo Tak Bisa Diadu Domba

Sebelum bertemu Kishida, Prabowo mengadakan pembicaraan dengan Menteri Pertahanan Jepang Minoru Kihara. Kedua menteri berjanji untuk meningkatkan kerja sama pertahanan, kata Kementerian Pertahanan Jepang. 

Jepang dan Indonesia memperluas latihan bersama di kawasan Indo-Pasifik, serta pengembangan kapasitas dan program pendidikan, Kihara mengatakan kepada wartawan setelah pembicaraan.

"Saya bertekad untuk memperkuat kerja sama antara dua negara maritim kita untuk mencapai Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka berdasarkan aturan hukum," katanya

Seperti diketahui, Prabowo memilih Beijing sebagai perjalanan resmi pertamanya ke luar negeri setelah ditetapkan KPU sebagai pemenang Pilpres pada 20 Maret lalu. Kunjungan ini menekankan hubungan yang stabil dengan China di tengah meningkatnya ketegangan di Laut China Selatan. 

Baca juga : Ketum ReJO Bocorkan Isi Pertemuan Relawan Dengan Jokowi, Ini Yang Dibahas

Dalam pertemuannya dengan Presiden China Xi Jinping, Prabowo menjanjikan kebijakan ramah yang berkelanjutan terhadap China.

China adalah mitra dagang terbesar Indonesia. Negeri Tirai Bambu itu juga berinvestasi dalam berbagai proyeki nfrastruktur besar. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.