Dark/Light Mode

Hari Ini Dijamu Jinping, Prabowo Lanjutkan Kemesraan Ke China

Senin, 1 April 2024 08:30 WIB
Presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto menerima kunjungan dari Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang yang mengantarkan surat ucapan selamat dari Presiden China Xi Jinping di kantor Kemenhan, Jakarta, Kamis (21/3/2024). (Foto: Gerindra)
Presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto menerima kunjungan dari Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang yang mengantarkan surat ucapan selamat dari Presiden China Xi Jinping di kantor Kemenhan, Jakarta, Kamis (21/3/2024). (Foto: Gerindra)

RM.id  Rakyat Merdeka - Prabowo Subianto melakukan lawatan perdananya ke China sebagai presiden Indonesia terpilih. Kedatangan Prabowo akan dijamu langsung Presiden China Xi Jinping. Pertemuan ini jadi simbol Prabowo akan melanjutkan kemesraan Indonesia dengan China seperti yang dilakukan Presiden Jokowi dalam 10 tahun terakhir.

Prabowo telah bertolak ke Beijing, China, Minggu (31/3/2024). Dalam lawatannya itu, Prabowo mengajak putra tercinta Ragowo Hadiprasetyo alias Didit dan sejumlah pejabat negara. Seperti Wakil Ketua Komisi I DPR Sugiono, Asisten Khusus Menhan Bidang Manajemen Pertahanan Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin, Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI Letjen TNI Yudi Abrimantyo, Direktur Jenderal Strategi Pertahanan Kemhan Mayjen TNI Bambang Trisnohadi, Direktur Jenderal Rencana Pertahanan Kemhan Laksamana Muda TNI Supo Dwi Di antara, dan Kepala Badan Sarana Pertahanan Kemhan Marsekal Muda TNI Yusuf Jauhari.

Agendanya, Prabowo dan rombongan akan menemui Jinping dan Perdana Menteri China Li Qiang. Pertemuan digelar hari ini dan besok.

Kepala Biro Humas Sekretariat Jenderal Kemhan, Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha mengungkapkan, pertemuan tersebut untuk membahas kerja sama kedua negara.

Baca juga : Soal Hak Angket, Puan Realistis

“Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan kedua negara dalam memperkuat dialog dan kerja sama strategis yang sangat penting bagi keamanan dan stabilitas regional,” katanya, Minggu (31/3/2024).

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Lin Jian menganggap, kehadiran Prabowo sebagai bukti eratnya hubungan China dengan Indonesia. Mengingat, ini merupakan kunjungan luar negeri pertama Prabowo usai menjadi presiden terpilih.

Kata Lin, agenda Prabowo hanya sampai Selasa (2/4/2024). Namun, di waktu yang singkat itu, Prabowo akan bertemu dengan Jinping dan PM Li.

“Mereka akan bertukar pandangan mengenai hubungan bilateral dan isu-isu yang menjadi kepentingan bersama,” ujarnya.

Baca juga : Saksi Sidang Sengketa Pilpres: 02 Minta Hadirkan Mega, 03 Minta Hadirkan Jokowi

Lin menyebut, hubungan kedua negara semakin erat di tangan Jinping dan Jokowi. Negeri Tirai Bambu pun berharap di tangan Prabowo, hubungan itu bisa semakin berkualitas.

Mulai dari meningkatkan persahabatan tradisional, memperdalam kerja sama strategis yang komprehensif, hingga mensinergikan strategi pembangunan dengan lebih baik.

“Untuk memberikan contoh yang baik tentang negara-negara berkembang yang merangkul masa depan bersama dan bekerja dalam solidaritas untuk pembangunan bersama dan menjadi sumber stabilitas dan kekuatan bagi pembangunan bersama,” beber Lin.

Seperti diketahui, dalam 10 tahun kepemimpinan Presiden Jokowi, hubungan Indonesia dengan China sangat baik. Sejumlah proyek besar terjalin di antara kedua negara. Salah satunya yang fenomenal adalah Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Baca juga : Dipastikan Menag, Paus Ke Sini 3 September

Sepanjang 2023, ekspor Indonesia juga masih terkonsentrasi di negara China dengan share 25,66 persen. Diikuti Amerika Serikat 9,57 persen, dan India 8,35 persen.

Pengamat hubungan internasional dari Universitas Padjadjaran, Teuku Rezasyah menilai ada empat faktor kenapa Prabowo memilih China. Pertama, kepentingan nasional saat ini dan masa yang akan datang. Termasuk kepentingan Indonesia di tingkat regional dan global yang butuh negosiasi dengan China.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.