Dark/Light Mode

Kanada Siap Lanjutkan Kerja Sama dengan Pemerintahan Prabowo

Kamis, 4 April 2024 15:14 WIB
Duta Besar Kanada untuk Indonesia, Jess Dutton. (Foto: Ist)
Duta Besar Kanada untuk Indonesia, Jess Dutton. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kanada siap melanjutkan kerja sama dengan Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Hal tersebut dikatakan Duta Besar (Dubes) Kanada untuk Indonesia, Jess Dutton pada jamuan makan malam dan buka puasa bersama di kediamannya yang berada di Kebayoran Lama, Jakarta, Rabu (3/4/2024). 

Dia mengatakan, dirinya memang belum bertemu secara langsung dengan Prabowo yang saat ini masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) RI. Namun, dia berharap, dapat segera bertemu Prabowo tidak hanya sebagai Menhan, tapi juga kapasitasnya sebagai presiden terpilih Indonesia. 

Baca juga : 150 Bus Pulang Basamo Diberangkatkan, Ketua Panitia: Terima Kasih Pak Prabowo

"Saya yakin bahwa hubungan Kanada-Indonesia sangat-sangat kuat. Dan saya pikir presiden baru dan pemerintahan baru akan memperkuat dan membangun hubungan berkelanjutan," kata Dutton.

Indonesia dan Kanada tergabung dalam beberapa organisasi internasional yang sama, di antaranya G20 dan APEC. Dutton mengatakan, Kanada dan Indonesia merupakan mitra alami dalam sektor ekonomi, maupun di isu-isu lainnya seperti perubahan iklim. 

Kanada juga akan menyelenggarakan Pemilu di tahun 2025. Kemungkinan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau kembali akan mencalonkan diri. Namun siapapun pemimpin Kanada nantinya, Dutton yakin hubungan kedua negara tetap berjalan dengan baik.

Baca juga : J Trust Bank Sediakan Layanan Perbankan Untuk Pengcab TI Bogor

"Saya mengharapkan hal-hal yang sangat positif dari pemerintahan baru," ujarnya.

Sementara itu, Duta Besar Kanada untuk ASEAN Vicky Singmin mengatakan, Kanada sangat mendukung ASEAN sebagai institusi dan organisasi antar pemerintah. Peran Indonesia di kelompok negara-negara Asia Tenggara itu sangatlah penting. 

Selain berhasil dalam konteks hubungan bilateral antara Kanada dan Indonesia, Singmin juga berharap hubungan Kanada dan Indonesia dalam konteks ASEAN juga berjalan dengan baik di bawah pemerintahan baru. "Kami sangat menantikan untuk terus bekerja sama dengan Indonesia dan menikmati hubungan yang sangat positif baik di sisi bilateral maupun sahabat ASEAN. Dan kami berharap dapat melanjutkan kerja sama yang baik itu," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.