Dark/Light Mode

Baik Untuk Palestina, Mustahik Dan Program Lainnya

Baznas Tak Akan Terima Donasi Dari McDonald’s

Jumat, 5 April 2024 07:25 WIB
Deputi I BAZNAS Bidang Pengumpulan M Arifin Purwakananta. (Foto: Istimewa)
Deputi I BAZNAS Bidang Pengumpulan M Arifin Purwakananta. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Aksi galang dana ini diu­mumkan resmi di Instagram @mcdonaldsid dalam unggahan, Senin (5/2/2024). Mereka men­egaskan kerja sama dengan BAZNAS untuk menghim­pun sedekah selama periode 1 Februari hingga 20 Februari 2024.

“Keseluruhan donasi yang ter­kumpul akan disalurkan melalui Baznas, kemudian dibelanjakan selimut untuk warga Palestina yang tengah menghadapi musim dingin,” tulis akun instagram resmi McDonald’s Indonesia.

Sementara, MUI terus men­dorong konsumen Muslim dan berbagai stakeholder, agar aktif melakukan riset terkait produk yang terafiliasi dengan Israel. MUI juga mengimbau masyara­kat menggunakan daftar produk terafiliasi Israel dari sumber yang jelas, sebagai rujukan un­tuk menjalankan instruksi atau Irsyadat MUI untuk aksi boikot

Baca juga : 54 Ribu Orang Serbu Pasar Tanah Abang

Di media sosial X, netizen mengecam BAZNAS yang menerima donasi dari produk/merek yang terafiliasi Israel.

Akun @endothelins mengin­gatkan lembaga pengumpul do­nasi seperti BAZNAS, lebih sele­ktif menerima donasi. “Dengan BAZNAS menerima donasi dari perusahaan yang diboikot, perusahaan tersebut mendapat exposure. Dampaknya, mer­eka dapat image yang positif di masyarakat, mengaburkan fakta bahwa mereka mendukung dan memberi dana ke Israel,” tulisnya.

Senada, akun @redtrngl men­egaskan, mempromosikan produk yang mendukung Israel, tidak sesuai peran dan fungsi BAZNAS.

Baca juga : The Gunners Gusur Posisi Liverpool

“Mau ada kerja sama atau nggak ada kerja sama, market­ing atau terima gratis sama saja BAZNAS ikut mempromosi­kan brand yang orang-orang lagi boikot. Kan bisa produknya diblur atau nggak perlu dikasih unjuk,” katanya.

Akun @reinarei_c menyesalkan lembaga sekelas BAZNAS tidak memperhatikan asal donasi dan latar belakang pemberi donasi. “Kacau banget BAZNAS. Tetap menerima donasi dari produk pro Israel yang mendanai genosida di Palestina. Ini tidak dapat diper­caya,” keluhnya. 

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat, 5 April 2024 dengan judul Baik Untuk Palestina, Mustahik Dan Program Lainnya, Baznas Tak Akan TerimaDonasi Dari McDonald’s

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.