Dark/Light Mode

Liga Primer Inggris

The Gunners Gusur Posisi Liverpool

Jumat, 5 April 2024 06:40 WIB
Martin Odegaard. (Foto: X Arsenal)
Martin Odegaard. (Foto: X Arsenal)

RM.id  Rakyat Merdeka - Arsenal kembali memimpin puncak klasemen Liga Primer Inggris, setelah memetik kemenangan atas Luton Town 2-0 di matchday ke-31 di Stadion Etihad, dini hari kemarin. The Gunners alias Meriam London sukses menggusur posisi Liverpool.

Dua gol kemenangan Arsenal diciptakan Martin Odegaard (24’) dan Daiki Hashioka (44’gol bunuh diri). Atas kemenangan ini, tim asuhan Mikel Arteta itu berhasil menggeser posisi Liverpool ke peringkat dua dengan 68 poin dari 30 laga. Sementara, posisi dua ditempati oleh Liverpool dengan 67 poin dan Manchester City di bawahnya dengan poin yang sama dengan The Reds.

Liverpool masih mempunyai kesempatan besar untuk kembali merebut urutan pertama klasemen Liga Premier Inggris dari tangan Arsenal. Itu baru bisa terwujud bila The Reds - julukan Liverpool, memetik kemenangan atas Sheffield United dalam pekan ke-31 Liga Premier League 2023/4, Jumat (5/4/2024).

Baca juga : Celtics Hancurkan Thender

Secara statistic, skuad asuhan Mikel Arteta mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 13 tendangan dan menorehkan 59 persen penguasaan bola. Arsenal mengambil inisiatif menyerang sejak menit pertama. Namun baru mampu membobol gawang Luton pada menit ke-25 lewat gol Odegaard.

Berawal dari umpan yang dikirimkan Kai Havertz, Odegaard mampu melepaskan tendangan kaki kiri dan membobol gawang Luton, sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Pelatih Arsenal Mikel Arteta mengungkapkan, kapten timnya Martin Odegaard mempunyai peran kunci untuk meningkatkan hubungan tim. Peran yang diemban Odegaard di luar lapangan menjadi salah satu faktor kunci menjaga stabilitas dan performa tim hingga bersaing di perebutan gelar Liga Inggris musim ini.

Baca juga : Gelar Lelang, Kejagung Mulai Proses Eksekusi

“Odegaard pemain yang sangat penting. Kami membutuhkan keseimbangan itu dan juga chemistry yang dimiliki pemain tertentu. Karena begitulah cara mereka berlatih juga dan bagaimana kami membangun koneksi dan hubungan itu, dan Martin ada di sana untuk menghubungkan semuanya dengan baik dalam cara kami bermain,” kata Arteta.

Menurut Arteta, mantan pemain Real Madrid tersebut mempunyai standar yang begitu tinggi, sehingga dapat memacu rekan-rekan se-timnya untuk menunjukkan performa yang impresif di dalam lapangan.

“Dia membuat langkah besar, kehadirannya, cara dia berperilaku di depan kelompok dan standar yang dia tetapkan luar biasa. Dia punya banyak pemain juga untuk mendukung dan sisanya untuk mengikutinya,” ujar pelatih berkebangsaan Spanyol tersebut.

Baca juga : Jokowi Heran Diisukan Mau Rebut Ketum Golkar & PDIP

Kapten Timnas Norwegia ini menjadi aktor penting dalam kemenangan Meriam London dalam pertandingan lanjutan Liga Inggris menghadapi Luton Town di Stadion Emirates, London, Kamis dini hari WIB.

“Yang pasti, kami ada di sana (puncak klasemen). Kami benarbenar dekat dengan gelar juara dan menunjukkan banyak konsistensi dan kualitas untuk dapat bertarung di posisi kami saat ini. Sekarang itu saja. Tidur, makan, bersiap dengan baik menghadapi Brighton,” ujar Arteta. 

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat, 5 April 2024 dengan judul Liga Primer Inggris, The Gunners Gusur Posisi Liverpool

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.