Dark/Light Mode

Baik Untuk Palestina, Mustahik Dan Program Lainnya

Baznas Tak Akan Terima Donasi Dari McDonald’s

Jumat, 5 April 2024 07:25 WIB
Deputi I BAZNAS Bidang Pengumpulan M Arifin Purwakananta. (Foto: Istimewa)
Deputi I BAZNAS Bidang Pengumpulan M Arifin Purwakananta. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) tidak akan menerima lagi donasi dari McDonald’s Indonesia untuk bantuan kepada masyarakat Palestina, bantuan kepada mustahik dan program lainnya.

Langkah tersebut diambil berdasarkan hasil evaluasi dan masukan dari masyarakat, yang meminta BAZNAS menolak donasi dari perusahaan yang terafiliasi dengan Israel.

Deputi I BAZNAS Bidang Pengumpulan M Arifin Purwakananta mengatakan, BAZNAS memutuskan menolak donasi dari perusahaan yang terafiliasi dengan Israel, setelah memper­hatikan secara seksama atas kri­tik dan penolakan dari berbagai elemen masyarakat.

Baca juga : 54 Ribu Orang Serbu Pasar Tanah Abang

Ke depan, BAZNAS tidak akan menerima bantuan dari McDonald’s Indonesia untuk Palestina.

“BAZNAS juga menyampaikan terima kasih atas perhatian dan kecintaan para muzaki dan masyarakat kepada BAZNAS. Kami memohon maaf atas kekhawatiran masyarakat dan terus memperbaiki diri lebih baik ke depan” ujar Arifin dalam siaran persnya, Kamis (4/4/2024).

Lebih lanjut, dia mengatakan, BAZNAS bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) terus meny­alurkan sedekah dari masyarakat Indonesia, untuk bantuan ke masyarakat Gaza, Palestina. Arifin memastikan, bantuan yang diteri­ma BAZNAS telah disalurkan ke­pada mereka yang membutuhkan.

Baca juga : The Gunners Gusur Posisi Liverpool

Dalam penyalurannya, BAZNAS telah bekerja sama dengan tiga lembaga filantropi besar asal Mesir, yakni Mishr Al-Kheir, Bayt Zakat Wa As-Shadaqat dan Egyptian Red Crescent Society (ERCS), untuk mempermudah penyaluran ban­tuan ke Palestina.

“Sampai saat ini, total nilai pe­nyaluran Rp 43,1 miliar, 56,7 ton natura, dengan penerima man­faat sebanyak 177.881 warga Palestina. Angka ini masih terus bertambah, karena penyaluran bantuan masih terus dilakukan,” jelas Arifin.

Terkini, BAZNAS bersama dengan Pemerintah Indonesia dan Yordania mengirimkan bantuan ke Gaza Palestina lewat jalur udara.

Baca juga : Celtics Hancurkan Thender

Sebelumnya, masyarakat mengkritik BAZNAS karena menerima donasi dari PT Rekso Nasional Food selaku pemegang lisensi waralaba McDonald’s Indonesia. Penyaluran donasi itu dibagikan dalam berbagai ben­tuk, termasuk paket buka puasa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.