Dark/Light Mode

Diungkap Basuki, Presiden Ke-8 Dilantik Di IKN

Kamis, 4 April 2024 08:00 WIB
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono (tengah) saat memgikuti Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi V DPR, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (2/4/2024).(Foto: Tedy Octarian Kroen/RM)
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono (tengah) saat memgikuti Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi V DPR, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (2/4/2024).(Foto: Tedy Octarian Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengungkapkan, presiden RI ke-8 yang nanti akan menggantikan Presiden Jokowi, direncanakan akan dilantik di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Menurut Basuki, lokasi pelantikan tersebut merupakan usulan dari Presiden Jokowi. Mengingat, Istana Negara di IKN sudah bisa dijadikan tempat upacara HUT kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus mendatang.

“Pelantikan presiden Insyaallah juga di sana. Rencananya begitu,” ujar Basuki, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Baca juga : Eko Kuntadhi: Dampaknya Buruk Jika KPU Tak Digugat

Namun, Basuki memastikan, pidato kenegaraan oleh Presiden Jokowi tetap akan dihelat di Jakarta.

Lalu, apa kata wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka? Dia mengaku, tidak ada masalah dan mengikuti semua rencana tersebut. “Saya ngikut saja. Saya ngikut saja ya, nggih, makasih,” singkatnya, saat ditemui di Balai Kota Solo, Rabu (3/4/2024).

Mengenai lokasi pelantikan tersebut, Tenaga Ahli Utama Kedeputian V Kantor Staf Presiden (KSP), Ade Irfan Pulungan mengaku, belum mengetahui kepastiannya. Dia tidak mempersoalkannya. Sebab, urusan lokasi pelantikan adalah kewenangan MPR.

Baca juga : Idham Holik: Mesti Ada Putusan Bawaslu Dulu Dong

“Dimanapun lokasinya, pastinya atas persetujuan MPR, karena itu diatur oleh Konstitusi,” singkatnya, semalam.

Untuk diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebelumnya telah mengumumkan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming sebagai pemenang Pilpres 2024. Keduanya, bakal dilantik pada 20 Oktober 2024.

Sesuai aturan, lokasi pelantikan Presiden dan Wapres terpilih harus dilakukan di ibu kota negara. Sementara, dalam Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (DKJ), ibu kota negara pindah dari Jakarta ke IKN.

Baca juga : Jelang Hari Raya Idul Fitri, Uang Baru Mulai Diburu

Warganet ikut mengomentari rencana pelantikan presiden di IKN. Mereka berharap dimanapun lokasinya, akan menjadi awal dari sejarah Indonesia baru. “Keren, Pak,” ujar @HeruStanford.

“Lebih bagus lagi kalau langsung berkantor dan tinggal menetap di sana, lengkap beserta para pembantunya, ajudan-ajudannya, menteri-menterinya, dan para pejabat lainnya,” timpal @NanangK13339713. “Baguslah semua pada pindah ke IKN.” sahut @lampu_patromaks.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis, 4 April 2024 dengan judul Diungkap Basuki, Presiden Ke-8 Dilantik Di IKN

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.