Dark/Light Mode

Dubes Prancis Untuk Indonesia Fabien Penone Banggakan Kemampuan Siswa Program France Track

Senin, 25 Maret 2024 06:42 WIB
Dubes Fabien Penone menuliskan ucapan selamat kepada peserta program France Track di SMA Labschool Cibubur, Jumat (22/3/2024). (Foto: Labschool 3)
Dubes Fabien Penone menuliskan ucapan selamat kepada peserta program France Track di SMA Labschool Cibubur, Jumat (22/3/2024). (Foto: Labschool 3)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Prancis untuk Indonesia Fabien Penone berkunjung ke SMA Labschool Cibubur, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (22/3/2024), untuk melihat praktik program France Track.

France Track adalah program pengajaran bahasa Prancis di sekolah. SMA Labschool Cibubur menjadi satu-satunya sekolah di Tanah Air yang telah ditunjuk Kedutaan Besar Prancis untuk menjalankan program tersebut sejak 2019.

Baca juga : Duta Besar Ukraina Untuk Indonesia Gelar Kuliah Umum Di President University

Dubes Penone merasa bangga setelah melihat kemampuan siswa Program France Track tersebut. Dia bahkan kaget dan terkesima melihat siswa-siswa SMA dapat berbicara bahasa Prancis dengan lancar.

“Kemampuan bahasa Prancis itu dapat menjadi modal bagi kalian semua untuk dapat melanjutkan di perguruan tinggi di Prancis atau bisa dimanfaatkan untuk hal lainnya,” ujar Dubes Penone dikutip keterangan tertulis SMA Labschool, Sabtu (23/3/2024).

Baca juga : Bos Pupuk Indonesia: Kenaikan Harga Gas Ancam Ketahanan Pangan

Selain di bidang pendidikan, Penone menjelaskan bahwa Kedutaan Besar Prancis juga melakukan sejumlah program dalam rangka people-to-people diplomacy antara Prancis dan Indonesia.

Dia menyebut, pihaknya tengah berkoordinasi dengan berbagai lembaga dan institusi untuk mendorong suksesnya program tersebut. “Kita memang perlu mengembangkan hubungan antara otoritas Prancis dan Indonesia. Tetapi kita juga ingin mengembangkan hubungan antara masyarakat sipil, perusahaan dan lembaga kebuda yaan untuk bekerja sama dalam lebih banyak hal,” jelas Penone.

Baca juga : Dubes Korea Selatan Untuk Indonesia Lee Sang Deok Sambut Kedatangan Jenazah ABK WNI

Selain pembekalan bahasa, Kedutaan Prancis juga mendukung pelatihan bagi sekolah-sekolah yang memberikan pelajaran bahasa Prancis. Menurutnya, Kedutaan bisa membantu memberi pelatihan bagi guru-gurunya.

Dalam kunjungan ini, Dubes Prancis datang bersama dua dubes dari negara-negara Frankofon atau negara-negara yang berbahasa Prancis.Yaitu Dubes Tunisia Wissem Moatemri dan Dubes Cyprus Nikos Panayiotou.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.