Dark/Light Mode

Mendagri Harap Lebaran Jadi Momen Kebahagiaan-Kedamaian Pasca Pemilu

Rabu, 10 April 2024 12:03 WIB
Mendagri, Tito Karnavian
Mendagri, Tito Karnavian

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian berharap Idul Fitri 1445 Hijriah menjadi momen kebahagiaan dan kedamaian setelah mengikuti pemungutan suara Pemilu Serentak pada Rabu 14 Februari 2024.

Dia berharap seluruh masyarakat dapat bersatu sebagai anak bangsa untuk melangkah lebih maju.

“Saya sebagai Menteri Dalam Negeri atas nama Kementerian Dalam Negeri dan juga Badan Nasional Pengelola Perbatasan mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri,” kata Tito dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (10/4).

Baca juga : Kapolri Ucapkan Selamat Idul Fitri 1445 H: Momen Bersama Bangun Bangsa

Mantan Kapolri ini pun telah melakukan pertemuan secara virtual dengan kepala daerah. Dalam pertemuan itu, Tito mengimbau kepala daerah agar tetap menjaga situasi yang sudah kondusif pada saat pemilu maupun pascapemilu.

Ia juga meminta kepala daerah dapat merajut kembali perbedaan-perbedaan diantara masyarakat setelah pemilu usai.

“Yang kedua, membantu untuk ibadah Ramadan dilaksanakan oleh umat Islam dengan baik, menjaga toleransi,” ujarnya.

Baca juga : MUI Harap Idul Fitri Jadi Momentum Rekonsiliasi Politik Pasca Pemilu

Selain itu, Tito juga telah mengimbau kepala daerah agar menjaga ketersediaan pangan jangan sampai terjadi lonjakan harga saat Lebaran. 

Menteri Tito menekankan kepada kepala daerah agar mampu menjaga arus mudik maupun arus balik sehingga berlangsung lancar.

“Jadi, semua saya minta kepada kepala daerah dan Pj (penjabat) kepala daerah semua turun ke lapangan untuk mengecek daerahnya masing-masing agar arus mudik dan arus balik nanti diyakinkan untuk tetap lancar,” jelas Tito.

Baca juga : Sehari Jelang Lebaran, Menkes Cek Pos Pelayanan Kesehatan Pelabuhan Ciwandan

Mendagri bersama sejumlah menteri lainnya mendampingi Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin melaksanakan salat Idul Fitri berjamaah di Masjid Istiqlal, Jakarta.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.