Dark/Light Mode

Wow, Presenter TV Diganti Produk AI

Rabu, 17 April 2024 06:35 WIB
Alba Renai dibuat Be a Lion, anak perusahaan raksasa televisi Mediaset Spain, Spanyol. Foto: NIT
Alba Renai dibuat Be a Lion, anak perusahaan raksasa televisi Mediaset Spain, Spanyol. Foto: NIT

RM.id  Rakyat Merdeka - Kehadiran presenter tele­visi di Spanyol, Alba Renai mengundang rasa takjub sekaligus kecemasan. Pasalnya, dia bukan manusia, melainkan produk kecer­dasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Renai dibuat Be a Lion, anak perusahaan raksasa televisi Mediaset Spain. Wanita rekayasa digital itu hadir akhir tahun lalu dan menjadi AI influencer. Di Instagramnya, Renai telah mengumpulkan lebih dari 10 ribu followers.

Baca juga : Diungkap Basuki, Presiden Ke-8 Dilantik Di IKN

Meski begitu, kehadiran Renai menimbulkan kecemasan. Banyak yang meng­khawatirkan bahwa kehadiran produk digital ini akan merampas pekerjaan manu­sia. Namun, Be a Lion menegaskan, Renai tidak ber­tujuan untuk menggantikan pekerjaan siapapun.

“Bakat manusia tidak ter­gantikan, dan kami tidak ber­maksud begitu,” ungkap Luis Movilla, Direktur Branded Content & Experience di Be a Lion.

Baca juga : AHY Dinanti Gebrakannya

Kehadiran Renai di televisi nasional merupakan langkah besar untuk meningkatkan kesadaran soal AI. Renai bu­kanlah satu-satunya influencer AI Spanyol yang eksis di media sosial belakangan ini.

Sebelumnya, sebuah agensi model Spanyol menciptakan influencer AI bernama Ai­tana, untuk membantu mengatasi kesulitan keuangan. Selain itu, influencer AI lain­nya bernama Milla Sofia juga sukses menarik ribuan pengikut dengan postingan­nya. LDU

Baca juga : Awkarin, Presiden Baru, Gebetan Baru

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 14, edisi Rabu, 17 April 2024 dengan judul "Wow, Presenter TV Diganti Produk AI"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.