Dark/Light Mode

Wow, Pesawat Landing Di Helipad Burj Al Arab

Sabtu, 18 Maret 2023 06:35 WIB
Aksi Lukasz Czepiela mendaratkan pesawat di helipad atap Hotel Burj Al Arab. (Foto CNN)
Aksi Lukasz Czepiela mendaratkan pesawat di helipad atap Hotel Burj Al Arab. (Foto CNN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Helipad yang berada di atap gedung biasanya dipakai untuk mendaratkan helikopter. Namun, Lukasz Czepiela membuat pengecualian. Pilot asal Polandia itu mencetak sejarah dengan mendaratkan pesawat di helipad yang berada Gedung Burj Al Arab Jumeirah, Dubai, Uni Emirat Arab.

Dilansir CNN, kemarin, Czepiela mampu menghentikan pesawat ringannya yang disesuaikan secara khusus, hanya dalam jarak 21 meter. Dia mendarat di helipad dengan lebar 27 meter, 212 meter dari atas tanah, di lantai 59 hotel yang berada di kawasan Jumeirah.

Baca juga : Yandri Gaungkan Pemberantasan Buta Aksara Al Quran

Aksi berbahaya itu bukannya tak memiliki tantangan. Menurutnya, tantangan terberat adalah kurangnya titik referensi eksternal yang biasanya ditemukan saat mendaratkan pesawat di bandara yang memiliki landasan pacu sepanjang ratusan meter. Helipad di Burj Al Arab biasanya difungsikan untuk mengawasi garis pantai Dubai.

Untuk memarkir pesawatnya di helipad gedung itu, Czepiela telah merencanakan dan mempersiapkannya sejak 2021. Dia latihan pendaratan sebanyak 650 kali agar aksinya berjalah mulus.

Baca juga : Sandi Lagi Pamer Bukti Ke Prabowo

Sehari-hari, Czepiela berprofesi sebagai pilot pesawat Airbus A320. Namun, dia memiliki beberapa prestasi terbang yang mengesankan. Termasuk memenangkan gelar kelas penantang kejuaraan dunia 2018 di Red Bull Air Race. Dia juga berhasil mendaratkan pesawat di dermaga kayu di Sopot, Polandia. â–  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.