Dark/Light Mode

Mesin Pemungutan Suara Dirusak

India Ulang Pemilu Di 11 TPS Manipur

Selasa, 23 April 2024 06:45 WIB
Para pemilih berbaris di luar tempat pemungutan suara di Desa Dugeli, yang berjarak 33 km dari kota Dantewada, Chhattisgarh, India, menunjukkan partisipasi aktif dalam proses demokrasi. Foto: AFP / IDREES MOHAMMED
Para pemilih berbaris di luar tempat pemungutan suara di Desa Dugeli, yang berjarak 33 km dari kota Dantewada, Chhattisgarh, India, menunjukkan partisipasi aktif dalam proses demokrasi. Foto: AFP / IDREES MOHAMMED

 Sebelumnya 
Terdapat berbagai insiden ke­kerasan pada Jumat (19/4/2024) di negara bagian tersebut. Ter­masuk bentrokan antar kelom­pok bersenjata dan upaya untuk mengambil alih tempat pemungutan suara di bawah penga­manan ketat. Para pemilih hadir dalam jumlah besar, meski ada ancaman bentrokan berdarah.

Pemilu di India akan berlang­sung mulai 19 April 2024 hingga 1 Juni 2024. Perdana Menteri (PM) Narendra Modi diperki­rakan diproyeksi akan kembali memenangi pemilu untuk masa jabatan ketiga, meski jabatan ketiga, meski banyak kritikan menghujani pemerintahannya, Partai Bharatiya Janata (BJP).

Baca juga : Kesaksian Ajudan SYL, Serahkan Uang Ke Ajudan Firli Bahuri Di GOR Bulu Tangkis

BJP yang beraliran nasionalis Hindu, akan berhadapan dengan aliansi oposisi, yang dipimpin Kongres Nasional India dan partai-partai regional yang kuat.

Pemilu ini dipandang sebagai salah satu yang paling penting dalam sejarah India dan sebagai bentuk evaluasi terhadap Pemerintahan Modi.

Baca juga : Ini 20 Pebulutangkis Indonesia Untuk Piala Thomas Dan Uber 2024

Meski dibayangi kekerasan terhadap minoritas dan ajakan boikot, Modi mendorong warga yang memiliki hak pilih untuk mendatangi TPS dan menggu­nakan hak suaranya.

”Pemilu Lok Sabha pada 2024 dimulai hari ini, saat 102 kursi di 21 Negara Bagian mulai di­tentukan. Saya mengajak semua pemilih menggunakan hak pilih mereka dalam jumlah yang men­capai rekor,” tulis Modi di plat­form X, Jumat (19/4/2024). LDU

Baca juga : Menhub Minta Semua Unsur Pastikan Arus Balik Berjalan Lancar

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 14, edisi Senin, 23 April 2024 dengan judul "Mesin Pemungutan Suara Dirusak India Ulang Pemilu Di 11 TPS Manipur"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.